Manfaat dan Khasiat Minyak ikan

 Kesehatan

Ikan merupakan salah satu makanan yang sangat sehat dengan kandungan lemak jenuh rendah, protein yang tinggi, dan menjadi salah satu sumber asam lemak Omega-3. Selain itu, ikan juga mengandung banyak nutrisi, vitamin, dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Minyak ikan merupakan salah satu olahan dari ikan yang dipakai untuk menunjang kebugaran tubuh dan mencegah serta mengobati berbagai macam penyakit. Manfaat dan khasiat minyak ikan sudah tidak perlu diragukan lagi. Banyak ahli kesehatan yang menyarankan untuk mengonsumsi minyak ikan secara rutin, terutama bagi anak-anak yang masih dalam tahap perkembangan, baik tubuh dan otaknya.

Minyak ikan mengandung banyak zat kimia yang mampu memberikan manfaat bagi tubuh dan otak. Kandungan zat kimia yang dimaksud adalah omega-3 yang berungsi untuk membantu melancarkan aliran darah pada arteri yang mengalami penyempitan untuk penderita penyakit jantung. Minyak ikan yang terdapat di dalam ikan makarel bisa membantu menurunkan koleterol dalam darah dan mencegah terbentuknya karat lemak penyumbat yang terjadi pada pipa pembuluh koroner jantung. Selain makarel, masih ada berbagai jenis ikan yang minyaknya bisa dimanfaatkan untuk kesehatan, yakni ikan trout pelangi, trout, halibut, herring, sarden, todak, tiram, tuna, tuna sirip biru, tuna sirip kuning, salmon, dan ikan asin. Tentu saja jenis ikan akan menentukan kualitas minyak ikan yang dihasilkan.

5

Minyak ikan sendiri dibuat dengan cara diekstraksi, yakni suatu cara mendapatkan minyak atau lemak dari bahan dasarnya, dalam hal ini adalah ikan. Dari minyak ikan tersebut, banyak sekali khasiat yang bisa didapatkan oleh tubuh. Berikut ini adalah manfaat dan khasiat minyak ikan bagi kesehatan tubuh kita.

  • Mengurangi peradangan dalam darah dan jaringan karena efektif dalam sistem pencernaan sehingga mampu mencegah peradangan di usus atau dalam sistem pencernaan lainnya.
  • Membantu menurunkan berat badan sehingga cocok untuk dikonsumsi Anda yang sedang berdiet.
  • Mengobati dan mencegah penyakit Alzheimer
  • Meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh karena asam lemak Omega-3 mampu memengaruhi sitokin dan eicosanoid dalam tubuh sehingga tubuh tidak mudah terjangkit penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri, seperti flu atau batuk.
  • Menyehatkan mata karena Omega-3 mampu memberikan perlindungan pada degenerasi makula (AMD) dan mengurangi risiko sindrom mata kering
  • Menyehatkan jantung karena Omega-3 sangat efektif untuk mengurangi penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular.
  • Mengobati radang sendi atau arthritis, rematik, gejala Raynaud, dan kondisi lainnya yang sejenis.
  • Mampu mengurangi depresi, rasa sedih, cemas, gelisah, semangat yang turun, kelelahan mental, dan gangguan syaraf lainnya karena minyak ikan mampu menstabilkan suasana hati dan mengobati gangguan bipolar.
  • Menjaga kesehatan kulit (melembapkan kulit, menghasilkan kolagen bagi kulit, meredakan peradangan kulit, dan mencegah penuaan dini) dan rambut (menjaga kekuatan rambut dan menyehatkan rambut)
  • Menstabilkan kadar kolesterol dalam darah karena kandungan EPA (asam eicosapentaenoic) dan DPA (docosahexaenoic acid).

Manfaat dan khasiat minyak ikan di atas bisa menjadi bahan referensi tambahan untuk memahami mengenai minyak ikan. Saat ini memang telah banyak produk minyak ikan hasil olahan pabrik. Kemasannya pun lebih nikmat untuk dikonsumsi. Kita seolah semakin dimudahkan untuk mengonsumsi minyak ikan yang terkenal dengan baunya yang sangat tidak enak. Tak perlu susah membuatnya sendiri.

Related Posts