Manfaat Daun Seledri untuk Rambut

 Kesehatan

Daun seledri dikenal sebagai salah satu bumbu dalam memasak berbagai jenis sayuran dan masakan lainnya. Daun seledri memiliki aroma dan rasa yang khas, berbeda dengan jenis daun-daunan lainnya. Selain daunnya, bagian batang dan biji seledri juga bisa dimanfaatkan untuk masakan, terutama di negara-negara Eropa dan Jepang sehingga tidak ada yang dibuang dari tanaman seledri tersebut. Seledri juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh dan rambut. Manfaat daun seledri untuk rambut sudah lama dikenal. Daun seledri sendiri sudah sejak dulu dijadikan bahan utama untuk pembuatan sampo, tonic, conditioner, dan obat lainnya yang baik bagi rambut.

Seledri memiliki nama Latin Apium graveolens L yang termasuk dalam keluarga Apiaceae atau suku adas-adasan. Sejak dulu, seledri memang sudah dipercaya sebagai salah satu tanaman obat herbal dan tradisional untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Bagian batang dan daun seledri mengandung berbagai macam antioksidan, mineral, protein, vitamin, dan senyawa kimia poliasetilena yang sangat bermanfaat untuk antibakteri dan antijamur. Daun seledri biasanya juga dimanfaatkan sebagai masker rambut dengan dicampur minyak kemiri atau minyak zaitun. Masker alami ini memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan rambut karena mampu merawat dan menjaga rambut agar tetap sehat dan berkilau. Berikut ini adalah manfaat daun seledri untuk rambut selengkapnya.

4

  • Memberikan warna hitam alami pada rambut sehingga mampu mengembalikan warna rambut Anda yang mengalami kerusakan karena tindakan pengecatan.
  • Meluruskan rambut secara alami dengan cara keramas memakai ramuan daun seledri yang ditumbuk dan dicampur dengan air.
  • Menyuburkan rambut dan menjaga kesuburan rambut itu sendiri sehingga rambut terlihat lebih tebal dan lebat. Hal ini bisa terjadi karena kandungan protein nabati yang ada di dalam daun seledri sehingga mampu merangsang petumbuhan rambut dan mengatasi rambut rontok.
  • Mengatasi rambut yang berketombe karena endapan kotoran akibat keringat yang berlebih sehingga menyebabkan tumbuhnya jamur. Kandungan antijamur dan antibakteri pada daun seledri mampu mengatasi hal tersebut.

Selain bermanfaat bagi rambut, daun seledri juga mampu memberikan manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh. Ramuan yang dibuat dari daun seledri mampu mengatasi dan mencegah berbagai macam penyakit. Adapun manfaat daun seledri untuk kesehatan adalah sebagai antioksidan, anti inflamasi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperkuat tulang, melindungi jantung, dan mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh. Khasiat daun seledri untuk kesehatan tidak kalah banyaknya dengan khasiat daun seledri untuk rambut, bukan?

Semua manfaat tersebut, termasuk manfaat daun seledri untuk rambut, bisa terwujud karena berbagai macam kandungan senyawa yang ada di dalam daun seledri. Daun seledri mengandung senyawa 3-n-butilpthalida, senyawa L-triptofan, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, dan senyawa piloasetilena. Berbagai macam senyawa tersebut memiliki perannya masing-masing bagi kesehatan tubuh dan rambut. Sedangkan aroma dari daun seledri yang sangat khas berasal dari sejumlah komponen di dalamnya yang mudah sekali menguap dari minyak atsiri yang dikandungnya tersebut. Tertarik untuk mencoba berbagai manfaat daun seledri? Cobalah dan rasakan manfaatnya!

Related Posts