Pengertian Modal Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Pengertian modal menurut para ahli memang perlu untuk dipelajari, apalagi bagi Anda yang akan terjun di dunia ekonomi dan bisnis. Seperti kita ketahui, istilah modal sangat identik dengan dunia ekonomi dan bisnis. Inti dasar dari suatu perusahaan dapat menjalankan kegiatan usahanya adalah dengan adanya modal. Modal merupakan faktor produksi terpenting. Bagi perusahaan yang baru berdiri modal digunakan untuk menjalankan kegiatan usaha sedangkan bagi perusahaan yang sudah berdiri lama modal digunakan untuk mengembangkan usaha dan memperluas pangsa pasar. Besar kecilnya modal memang dipengaruhi oleh besar kecilnya usaha yang akan dibuat. Ada banyak orang berpendapat bahwa modal tidak selalu berupa uang, modal bisa berupa keinginan, niat, keahlian, motivasi, dan hal-hal pendukung dalam menjalankan usaha.

5

                Mengingat keberadaan modal menjadi kebutuhan utama dalam sebuah usaha atau bisnis, ada baiknya kita mengetahui pengertian modal menurut para ahli. Anda yang tengah mempersiapkan sebuah bisnis bisa lebih memahami apa itu modal dan mungkin bagaimana cara mendapatkannya. Berikut ini adalah definisi modal menurut para pakar di bidangnya.

  • Menurut Alam S., modal adalah segala sumber daya hasil produksi yang tahan lama, yang dapat digunakan sebagai input produktif dalam proses produksi berikutnya.
  • Menurut Prof. Baker, modal diartikan baik berupa barang-barang konkret yang masih ada dalam rumah tangga perusahaan yang terdapat di neraca sebelah debit, maupun berupa daya beli atau nilai tukar dari barang-barang itu yang tercatat di sebelah kredit.
  • Menurut Ivana Lestari, modal adalah tiap – tiap hasil (produk) yang digunakan untuk menghasilkan produk selanjutnya.
  • Menurut Bambang Riyanto, modal adalah hasil produksi yang digunakan untuk memproduksi lebih lanjut. Dalam perkembangannya kemudian modal ditekankan pada nilai, daya beli atau kekuasaan memakai atau menggunakan yang terkandung dalam barang-barang modal.
  • Menurut Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), modal merupakan bagian hak pemilik dalam perusahaan yang merupakan selisih antara aset dan utang, sehingga bukan merupakan nilai jual perusahaan.
  • Menurut Yusdianto Prabowo, modal adalah sejumlah harta yang menjadi hak milik suatu usaha.
  • Menurut Abdullah Amrin, modal adalah sejumlah uang yang diberikan oleh penyedia dana/shohib mal kepada pengelola/mudharib dengan tujuan menginvestasikannya dalam aktivitas mudharabah.
  • Menurut Dedhi Sulistiawan, modal adalah nilai sisa atas aktiva dikurangi kewajiban (utang).
  • Menurut Khoe Yao Tung, modal adalah sejumlah uang simpanan yang disetorkan seseorang / lembaga dengan imbalan bunga.
  • Menurut Yusdianto Prabowo, modal adalah sejumlah harta yang menjadi hak milik suatu usaha.
  • Menurut Sugiarto, dkk, modal adalah seluruh aktiva perusahaan yang digunakan untuk menghasilkan pendapatan.
  • Menurut Soetanto Hadianto, modal adalah dana yang berasal dari pemilik, bank, atau pemegang saham ditambah dengan agio saham dan hasil usaha yang berasal dari kegiatan usaha bank.

                setelah membaca ulasan di atas, pahamkah Anda mengenai pengertian modal menurut para ahli? Untuk lebih memperdalam wawasan mengenai modal, berikut ini adalah beberapa sumber modal jika ditinjau dari asalnya. Ada dua jenis sumber modal, yakni sumber intern dan sumber ekstern. Sumber intern adalah modal yang dibentuk atau dihasilkan sendiri di dalam perusahaan. Sedangkan sumber ekstern adalah sumber dana yang berasal dari luar perusahaan.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :   pengertian promosi , pengertian perubahan sosial , pengertian algoritma , pengertian matematika , pengertian aplikasi , pengertian modal , pengertian struktur sosial , pengertian cv , pengertian wawasan nusantara , pengertian teater , pengertian tik

Related Posts