Pengertian Tema Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Setiap ingin menulis cerita atau karya sastra apapun kita membutuhkan tema untuk menjadi dasar pemikiran. Tema memang dibutuhkan oleh seorang penulis, baik penulis karya sastra atau penulis yang lainnya. Secara umum, tema adalah pokok permasalahan sebuah cerita, gagasan sentral, atau dasar cerita. Tema juga bisa dimakna sebagai sesuatu yang menjiwai cerita atau sesuatu yang menjadi pokok masalah dalam cerita. Tema suatu cerita biasanya bersifat tersirat (tersembunyi) dan dapat dipahami setelah membaca keseluruhan cerita. Tema dalam cerpen dapat dijabarkan dalam setiap satuan peristiwa dalam cerita, misalnya melalui tingkah laku atau jalan hidup pelakunya. Itulah pengertian tema secara umum dan sederhana. Lalu, bagaimana dengan pengertian tema menurut para ahli?

                Sebelum beralih ke pengertian tema menurut para ahli, kita bahas terlebih dahulu perbedaan tema, topik, dan judul. Pernahkah Anda merasa bingung dengan ketiga istilah tersebut, baik dari segi makna maupun penerapannya dalam menulis? Ketiganya memiliki konsep dan pengertian yang sangat berbeda. Jadi, bila ada yang menyatakan bahwa tema itu sama dengan topik atau judul, pernyataan tersebut salah. Mengapa? Seperti yang telah dikatakan di atas, tema itu lebih merujuk ke pemikiran dasar atau dasar cerita. Topik adalah pokok pembicar

6aan dalam diskusi, ceramah, karangan, dsb. Topik juga merupakan ide sentral yang mengikat keseluruhan uraian, deskripsi, penjelasan, dan seluruh pembuktian. Sedangkan judul adalah kepala karangan (cerita, drama, dsb) atau perincian atau penjabaran dari topik dan judul dapat juga merupakan nama yang dipakai untuk buku atau bab dalam buku yang menyiratkan secara pendek isi buku atau bab.

                Untuk lebih menunjang pengetahuan mengenai definisi tema, berikut ini adalah pengertian tema menurut para ahli. Beberapa pengertian ini diharapkan juga bisa membuat Anda lebih memahami perbedaan tema, topik, dan judul.

  • Menurut Tarigan,  tema adalah pandangan hidup yang tertentu atau perasaan tertentu mengenai kehidupan atau rangkaian nilai-nilai tertentu yang membentuk atau membangun dasar atau gagasan utama dari suatu karya sastra.
  • Menurut Stanton dan Kenny, tema adalah makna yang dikandung oleh sebuah cerita.
  • Menurut Aminudin, tema adalah ide yang mendasari suatu cerita sehingga berperan juga sebagai pangkal tolak pengarang dalam memaparkan karya fiksi yang diciptanya.
  • Menurut Hartoko dan Rahmanto, tema adalah gagasan dasar umum yang menopang sebuah karya sastra dan yang terkandung di dalam teks sebagai struktur semantis dan yang menyangkut persamaan-persamaan atau perbedaan-perbedaan.
  • Menurut Rusyana, tema adalah dasar atau makna sebuah cerita. Tema adalah pandangan hidup tertentu atau perasaan tertentu yang membentuk atau membangun dasar gagasan utama suatu karya sastra. Semua fiksi yang harus mempunyai dasar atau tema yang merupakan sasaran tujuan.
  • Menurut Stanton, tema adalah makna sebuah cerita yang secara khusus menerangkan sebagian besar unsurnya dengan cara yang sederhana.

Kesimpulan pengertian-pengertian di atas yakni tema adalah inti persoalan yang mendasari suatu cerita atau gagasan pokok yang mendasari cerita dan memiliki kedudukan yang dominan sehingga dapat mempersatukan unsur secara bersama-sama membangun sebuah karya sastra.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :   pengertian tik , pengertian distribusi , pengertian komunitas , pengertian hukum pidana , pengertian biologi , pengertian desain , pengertian tema , pengertian sastra , pengertian hujan asam , pengertian linux , pengertian giro , pengertian chatting

Related Posts