Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Pengertian wawasan nusantara menurut para ahli dimulai dari pembentuk katanya. Istilah wawasan nusantara terbentuk dari kata wawasan dan nusantara. Kata wawasan sendiri berasal dari bahasa Jawa “wawas (mawas)” yang bermakna melihat atau memandang. Jadi, wawasan dapat diartikan sebagai cara pandang, cara meninjau, atau cara melihat sesuatu. Sedangkan wawasan Nusantara adalah cara pandang serta sikap bangsaindonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasiladan UUD 1945.  Dalam pelaksanaannya, wawasan nusantara mengutamakan persatuan kesatuan wilayah dan bhineka tunggal ika untuk mencapai tujuan nasional. Sumber lain menyebutkan bahwa definisi wawasan nusantara adalah cara pandang suatu bangsa yang telah menegara terhadap diri dan lingkungannya dalam eksistensinya yang serba terhubung ( interasi dan interelasi ) serta pembangunannya di dalam bernegara di tengah-tengah lingkungannya baik nasional regional dan global.

8

                Wawasan nusantara mempunyai empat fungsi bagi bangsa. Keempat fungsi tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Wawasan nusantara sebagai konsepsi ketahanan nasional, yaitu wawasan nusantara dijadikan konsep dalam pembangunan nasional, pertahanan keamanan, dan kewilayahan.
  2. Wawasan nusantara sebagai wawasan pembangunan mempunyai cakupan kesatuan politik, kesatuan ekonomi, kesatuan sosial dan ekonomi, kesatuan sosial dan politik, dan kesatuan pertahanan dan keamanan.
  3. Wawasan nusantara sebagai wawasan pertahanan dan keamanan negara merupakan pandangan geopolitik Indonesia dalam lingkup tanah air Indonesia sebagai satu kesatuan yang meliputi seluruh wilayah dan segenap kekuatan negara.
  4. Wawasan nusantara sebagai wawasan kewilayahan, sehingga berfungsi dalam pembatasan negara, agar tidak terjadi sengketa dengan negara tetangga.

                Pengertian wawasan nusantara menurut para ahli adalah sebagai berikut.

  • Menurut Prof.Dr. Wan Usman, wawasan Nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam.
  • Menurut Kelompok Kerja LEMHANAS 1999, wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.
  • Menurut Majelis Permusyawaratan Rakyat Tahun 1993 dan 1998 tentang GBHN, Wawasan nusantara yang merupakan wawasan nasional yang bersumber pada pancasila dan berdasarkan UUD1945 adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan mayarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

                Sesuai dengan pengertian wawasan nusantara menurut para ahli dan beberapa pengertian secara umum, landasan wawasan nusantara pun berpegang atas dasar Pancasila dan UUD 1945. Pancasila dan UUD 1945 selalu menjadi patokan atau pegangan bangsa Indonesia dalam hal apapun termasuk wawasan nusantara ini dikarenakan pancasila sebagai tolak ukur kehidupan berbangsa dan bernegara serta UUD 1945 ini merupakan suatu bukti perjalanan kemerdekaan Indonesia yang mencakup seluruh kehidupan bangsa Indonesia. Selain UUD 1945 dan Pancasila, wawasan nusantara juga memiliki empat landasan lainnya, yakni landasan idiil, landasan kosntitusional, landasan visional, dan landasan konsepsional.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :   pengertian promosi , pengertian perubahan sosial , pengertian algoritma , pengertian matematika , pengertian aplikasi , pengertian modal , pengertian struktur sosial , pengertian cv , pengertian wawasan nusantara , pengertian teater , pengertian tik

Related Posts