Pengertian Gizi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Gizi merupakan hal yang harus dipenuhi oleh semua makhluk hidup, khususnya manusia, untuk menjaga kesehatan tubuh dan kelangsungan hidupnya. Mengingat pentingnya peranan gizi untuk tubuh, sudah seharusnya kita memahami mengenai gizi, termasuk pengertian gizi menurut para ahli. Secara umum, gizi bisa dimaknai dengan zat makanan pokok yang sangat diperlukan bagi pertumbuhan dan kesehatan tubuh. Bisa dibayangkan bila kekurangan gizi, manusia bisa terlihat sangat kurus dan lemah. Segala kegiatan dan aktivitas tidak akan bisa dilakukan semaksimal mungkin. Selain itu, akibat dari kekurangan gizi, manusia bisa terserang berbagai jenis penyakit mulai dari penyakit sederhana hingga penyakit kronis. Namun, keadaan kelebihan gizi juga tidak baik sehingga gizi harus dipenuhi dengan seimbang dan sesuai dengan kebutuhan tubuh.

3

                Pengertian gizi menurut para ahli disampaikan oleh beberapa pakar. Berikut ini definisi-definisi yang dikemukakan oleh para pakar tersebut.

  • Menurut Tuti Sunardi, gizi adalah suatu kondisi yang dapat menciptakan pengaruh terhadap proses perubahan berbagai jenis makanan untuk mempertahankan hidup.
  • Menurut Harry Oxorn dan William R. Forte, gizi tidak hanya membahas mengenai jenis makanan dan manfaatnya, melainkan juga mengenai proses memperoleh dan mengolah serta mempertimbangkan hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kestabilan kesehatan tubuh.
  • Menurut Ida Purnomowati, Diana H., dan Cahyo S., gizi adalah zat yang diperlukan oleh tubuh untuk tumbuh, bertahan dan memperbaiki jaringan tubuhnya.
  • Menurut Supariasa, gizi adalah proses organisme dengan mengonsumsi makanan secara normal melalui proses pencernaan, absorbs, transportasi, penyimpanan, metabolisme, dan pengeluaran zat yang tidak diperlukan untuk mempertahankan hidup, pertumbuhan, dan fungsi normal organ-organ dalam tubuh, serta menghasilkan energi.
  • Menurut Nirmala Devi, gizi adalah inti makanan yang bisa dimanfaatkan untuk memelihara dan memperbaiki jaringan tubuh manusia.
  • Menurut Joyce James, Colin Baker, dan Helen Swain, gizi adalah unsur kimia pada makanan yang bisa dimanfaatkan bagi tubuh sebagai sumber energi.
  • Menurut Chainniza K. Graha, gizi adalah unsur yang terkandung di makanan dimana bisa memberikan dampak positif bagi yang mengonsumsinya sehingga menjadi lembih sehat.
  • Menurut Lioni Ellis H., gizi adalah unsur vital yang dibutuhkan tubuh untuk proses perkembangan dan pertumbuhan.

                Secara umum dalam ilmu Biologi, gizi bisa dibagi menjadi lima kelompok utama, yakni karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Kelima zat gizi tersebut sangat dibutuhkan bagi manusia untuk proses pertumbuhan, metabolisme tubuh, dan proses-proses di dalam tubuh lainnya. Zat-zat gizi tersebut bisa didapatkan dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya dengan takaran yang telah ditentukan. Takaran yang dimaksud adalah jumlah masing-masing zat gizi yang harus dikonsumsi agar proses pencernaan dalam tubuh bisa berjalan dengan normal dan lancar. Kelima zat gizi tersebut disebut dengan zat gizi essential. Manusia memang memerlukan zat-zat essential tersebut dari makanan karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. Demikian ulasan mengenai pengertian gizi menurut para ahli. Semoga segala informasi yang telah disampaikan bisa bermanfaat bagi pembaca. Perhatian khusus mengenai kebutuhan gizi sangatlah penting untuk diutamakan karena berkaitan dengan kesehatan tubuh kita bersama.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian biosfer , pengertian pencemaran lingkungan , pengertian hukum islam , pengertian gizi , pengertian dongeng , pengertian desa , pengertian k3 , pengertian hikayat , pengertian grafik , pengertian program aplikasi , pengertian bencana alam

Related Posts