Ini Dia Contoh Makalah Tentang Pendidikan

 Tugas

Pada kesempatan kali ini, saya selaku pemakalah akan membahas makalah yang berjudul makalah tentang pendidikan. Pendidikan telah menjadi salah satu kebutuhan utama bagi manusia untuk dipenuhi. Kedudukan pendidikan menjadi prioritas utama setalah perkembangan zaman memasuki era globlisasi dimana semua orang menggunakan ilmu pengetahuan sebagai senjata dalam bersaing. Hl ini berbeda terbalik ketika zaman peperangan yang lebih mengutamakan kekuatan militer. Peradaban manusia yang telah berkembang pesat mengharuskan penduduk dunia berbondong-bondong menempuh pendidikan agar tidak tersisih dari kehidupan social karena pendidikan telah mempengaruhi segala aspek kehidupan. Tujuan penulis membuat makalah ini adalah untuk membahas peran pendidikan bagia kehidupan manusia. Maka dari itu, saya selaku penulis telah melakukan pengamatan dan membaca beberapa buku sebagai referensi saya dalam menulis makalah ini. Saya ucapkan terima kasih kepada guru pembimbing yang telah membimbing dan mengarahkan saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya ucapkan terima kasih pula kepada keluarga, teman dan rekan yang telah membantu dan mendukung saya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan lancar. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini. Oleh sebab itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dalam melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca.

11

Dari pembahasan makalah tentang pendidikan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar, terencana, sistematis, dan berlangsung terus menerus dalam suatu proses pembelajaran untuk mengembangkan segenap potensi manusia baik jasmani maupun rohani dalam tingkatan kognitif, afektif, dan psikomotorik dimana berperan sebagai sarana bagi anak didik dalam mengenal lingkungan serta mempelajarinya dari tenaga didik yang professional. Peranan pendidikan tersebut diharapkan dapat menciptakan generasi penerus bangsa yang memiliki moral dan tingkah laku yang baik. Fungsi dari peran pendidikan tersebut diantaranya fungsi sosialisasi, fungsi control social, fungsi pelestarian budaya masyarakat, fungsi seleksi, latihan dan pengembangan tenaga kerja dan fungsi pendidikan dan perubahan social. Fungsi socialisasi yang mana pendidikan berperan sebagai proses sosialisasi dalam masyarakat bisa berjalan dengan baik. Sehingga proses sosialisasi bisa berjalan dengan wajar dan mulus. Fungsi control social melalui sekolah sebagai penyalur pendidikan yang menanamkan nilai-nilai dan loyalitas terhadap tatanan tradisional masyarakat berfungsi melakukan kontrol social. Fungsi pelestarian budaya yang dianjarakan disekolah dapat melestanikan nilai-nilai budaya daerah yang masih layak dipertahankan seperti bahasa daerah, kesenian daerah, budi pekerti. Fungsi seleksi, latihan dan pengembangan tenaga kerja dimana pendidikan menjadi latar belakang utaman yang dilihat dalam peneyeleksian tenaga kejar yang berkompeten. Fungsi pendidikan dan perubahan social merupakan usaha rangka meningkatkan kemampuan peserta didik yang analisis kritis berperan untuk menanamkan keyakinan-keyakinan dan nilai-nilai baru tentang cara berpikir manusia.

Demikian makalah tentang pendidikan yang telah dibahas. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini dikarekan keterbatasan waktu.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : contoh cover makalah , pengertian computer , pengertian globalisasi , pengertian demokrasi , pengertian hukum , makalah pendidikan , makalah kewirausahaan , pendahuluan makalah , contoh penutup makalah , makalah narkoba , daftar isi makalah , susunan makalah , makalah pancasila , makalah kepemimpinan , makalah renang

Related Posts