Penyakit Asma, Penyebab, Tanda Ciri Gejala, Pencegahan, dan Cara Pengobatannya

 Kesehatan

            Penyakit asma, penyebab, tanda ciri gejala, pencegahan, dan cara pengobatannya -Penyakit asma merupakan penyakit yang banyak diderita oleh orang-orang di sekitar kita. Penyakit asma sebenarnya menandakan jika paru-paru kita dalam kondisi kronis tanda-tanda ini disertai dengan susah bernafas. Bagi penderita asma saluran pernapasannya memiliki tingkat sensitifitas yang relative lebih tinggi terhadap sebuah rangsangan. Misalnya debu, cuaca yang dingin dll. Penderita asma jika menghirup debu dapat mengakibatkan sesak nafas yang menyakitkan, begitu pula dengan udara dingin, jika penderita asma berada di daerah dingin maka penyakit asma akan cepat kambuh. Gejala awal yang ditimbulken penderita asma ini dapat berupa batuk, tersenggal-senggal saat bernafas, serta terkadang penderita asma memiliki cirri khas suara ketika menghirup dan mengeluarkan udara dari saluran pernapasan. Gejala-gejala yang di ditimbulkan pada setiap orang tentunya berbeda antara satu dengan yang lain, namun tanda-tanda itu juga bisa sama. Beberapa tanda jika seseorang terkena serangan asma mendadak antara lain

9

  1. Terjadinya perubahan pada pola bernapasan, yang tadinya teratur menjadi tersenggal-senggal
  2. Bersin-bersin yang terus menerus
  3. Tersumbatnya hidung dengan lendir dan bahkan juga mampet
  4. Batuk-batuk tanpa sebab yang jelas
  5. Tenggorokan terasa gatal
  6. Mudah merasa capek
  7. Terdapat lingkar panda atau lingkaran hitam di bawah kelopak mata
  8. Mengalami susah tidur atau tidur sering terbangun di malam hari

                Penyakit asma, penyebab, tanda ciri gejala , pencegahan, dan cara pengobatannya –Jika tanda-tanda tersebut telah dirasakan, maka perlu penanganan khusus agar tidak semakin memburuk. Penyakit ini merupakan penyakit menahun dan sulit untuk di sembuhkan namun yang perlu dilakukan bagi penderita asma adalah sebaiknya menghindari hal-hal yang dapat memicu kambuhnya penyakit asma, seperti menghindari tempat yang berdebu, atau sering menggunakan masker agar tidak menghirup bebu kotor.

Penyebab penyakit asma ini ada beberapa macam diantaranya adalah

  1. Penyakit asma yang disebabkan oleh faktor turun temurun atau genetik
  2. Terjadi infeksi pada saluran pernapasan ketika seseorang masih bayi atau balita
  3. Pengaruh lingkungan, misalnya seseorang hidup diantara orang yang merokok
  4. Memiliki alergi baik pada debu, bintang peliharaan dll
  5. Terjadi perubahan ekstrim pada cuaca, khususnya cuaca dingin

                Penyakit asma, penyebab, tanda ciri gejala, pencegahan, dan cara pengobatannya –Banyak keuntungan yang akan kita dapatkan jika sejak dini telah melakukan pengobatan dan pencegahan terhadap penyakit asma, kita dapat kembali lagi melakukan aktivitas seperti biasa tanpa ada kendala, bagi anak-anak mereka tidak perlu lagi tertinggal pelajaran karena tidak masuk sekolah ketika penyakit asmanya kambuh. Untuk berjaga-jaga para orang tua dapat membekali inhaeler pada saat beraktivitas, dengan demikian jika penyakit tersebut tiba-tiba kambuh maka dapat diberikan pertolongan pertama. Orang di sekitarpun tidak perlu panik karena dengan menghirup inhaeler mereka akan dengan cepat dapat mengatur pernapasan, sehingga serangan asma yang tiba-tiba dapat diatasi dengan cepat.

Related Posts