Pengertian Vitamin Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh adalah mengonsumsi asupan vitamin yang cukup dan lengkap. Vitamin ini bisa diperoleh dari kandungan makanan yang dikonsumsi atau dari sumber vitamin tambahan yang bisa dibeli di apotek. Konsep tersebut telah banyak diketahui dan dipahami oleh semua orang dimana vitamin sangat penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun, sudahkah Anda memahami mengenai pengertian vitamin itu? Termasuk pula dengan pengertian vitamin menurut para ahli? Agar lebih bisa menjaga kesehatan tubuh, perlulah kita bisa menjawab kedua pertanyaan tersebut. Peran pengertian terhadap suatu pemahaman sangatlah penting agar pemahaman kita mengenai sesuatu lebih mendalam.

Istilah vitamin berasal dari gabungan kata bahasa Latin, yakni vita yang bermakna hidup dan amine yang bermakna suatu gugus organik yang mempunyai atom nitrogen (N). Secara umum, vitamin diartikan sebagai sekelompok senyawa organik yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh karena berfungsi membantu pengaturan metabolisme tubuh dan vitamin tidak dapat dihasilkan oleh tubuh itu sendiri. Vitamin juga bisa dimaknai sebagai suatu molekul organik yang ada dalam makanan dalam jumlah sangat kecil bila dibandingkan dengan jumlah asam amino esensial dan asam lemak untuk hewan dalam jumlah besar. Menurut enzimologi (ilmu mengenai enzim), vitamin adalah kolafaktor dalam reaksi kimia yang dikatalisasi oleh enzim dan digunakan oleh tubuh untuk bertumbuh dan berkembang secara normal.

10

Selain pengertian vitamin menurut para ahli, jenis vitamin juga perlu dipelajari untuk menentukan jumlah vitamin yang harus dikonsumsi per harinya. Jumlah vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh bermacam-macam, tergantung dengan jenis vitaminnya. Jenis-jenis vitamin tersebut bisa dibagi menjadi dua kategori, yakni vitamin yang larut di air dan vitamin yang larut di lemak. Jenis-jenis vitamin yang larut di air adalah vitamin B kompleks (B1, B2, B3, B5, B6, B12) dan vitamin C. Keduanya diproses dalam tubuh dan diekskresikan dalam urin. Jenis vitamin yang larut di lemak adalah vitamin A, D, E, dan K. vitamin A diperlukan untuk penglihatan, vitamin D untuk penyerapan kalsium dan pembentukan tulang, vitamin E untuk kesehatan kulit, dan vitamin K untuk penggumpalan darah.

Vitamin yang larut di air dan lemak memiliki cara kerja yang berbeda. Untuk vitamin yang larut di air hanya dapat disimpan dalam jumlah sedikit dan akan hilang bersama dengan aliran makanan, vitamin ini akan masuk ke aliran darah dan beredar ke seluruh tubuh. Jika tidak dibutuhkan lagi, vitamin ini akan dibuang melalui urin. Sedangkan vitamin yang larut di lemak akan disimpan dalam jaringan adipose dan di hati. Vitamin jenis ini akan diedarkan ke seluruh tubuh saat dibutuhkan. Ada beberapa jenis vitamin ini yang bisa bertahan selama 6 bulan di dalam tubuh. Semua ulasan yang berhubungan dengan pengertian vitamin menurut para ahli ini semoga bisa memberikan wawasan baru bagi Anda yang sedang berusaha memenuhi asupan vitamin di dalam tubuh. Tentunya selain vitamin masih banyak zat-zat lain yang diperlukan tubuh, seperti mineral, lemak, protein, karbohidrat, dan sebagainya.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian vitamin , pengertian radio , pengertian muamalah , pengertian konsumsi , pengertian gunung , pengertian estetika , pengertian kualitas , pengertian wan , pengertian gen , pengertian wireless , pengertian e-learning

 

Related Posts