Pengertian Sholat Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Sebagai umat muslim yang taat dan mematuhi perintah Allah SWT dan Rosululloh SAW, tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah sholat. Salah satu rukun Islam ini harus dilaksanakan oleh umat Islam secara rutin, tepat waktu, dan istiqamah. Hal ini tentunya sesuai dengan pengertian sholat menurut para ahli yang menyatakan bahwa ibadah sholat merupakan salah satu ibadah terpenting karena berada di urutan kedua dalam rukun Islam. Sholat wajib dilakukan lima kali dalam sehari semalam, bisa ditambahkan dengan sholat sunnah bagi mereka yang ingin menjalankan.

Sholat berasal dari kata ash-sholaah yang bermakna doa. Menurut syariat islam, sholat diartikan sebagai suatu amal ibadah yang terdiri atas perkataan dan perbuatan yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam dengan syarat-syarat dan rukun-rukun tertentu. Sholat meruapakan ibadah pokok yang pertama kali diwajibkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW dan para umatnya. Sholat adalah rukun Islam yang paling kokoh setelah dua kalimat syahadat dan telah disyariatkan sebagai sebaik-baiknya ibadah dan siapapun yang mengingkarinya dianggap keluar dari agama Islam. Sholat pertama kali diperintahkan kepada Nabi Muhammad SAW saat sedang melakukan isra’ (perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha) dan mi’raj (perjalanan dari Sidratul Muntaha ke Baitul Maqdish). Awalnya Allah SWT memerintahkan Rosululloh SAW untuk sholat lima puluh kali dalam waktu sehari semalam, tetapi Rosululloh SAW meminta keringanan agar sholat dikerjakan lima kali selama sehari semalam.

9

Selain pengertian secara umum dan syariat di atas, masih ada lagi pengertian sholat menurut para ahli. Berikut ini adalah beberapa definisi tersebut.

  • Menurut ahli fikih, sholat adalah perkataan dan perbuatan yang dimulai dengan takbiratul ikhram dan diakhiri dengan salam, dengan menjalankannya kita sudah termasuk beribadah kepada Allah SWT sesuai dengan syariat-syariat yang telah ditentukan.
  • Menurut ahli hakikat, sholat adalah menghadapkan jiwa kepada Allah sehingga dapat melahirkan rasa takut kepada Allah SWT dan dapat membangkitkan kesadaran terhadap kebesaran serta kesempurnaan kekuasaan-Nya.
  • Menurut afali makrifat, sholat adalah menghadap kepada Allah SWT dengan sepenuh jiwa dan sebenar-benarnya khusyuk di hadapan-Nya serta ikhlas kepada-Nya disertai dengan hati dalam berdzikir, berdoa, dan memuji.

Karena sholat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib untuk dikerjakan dan akan mendapatkan dosa bila meninggalkannya, maka jelas ada larangan dalam meninggalkan sholat lima waktu. Kaum muslim yang dengan ringan meninggalkan sholat lima waktu, maka ia telah meninggalkan tiang agama yang paling kokoh. Bila menemukan muslim yang seperti itu, harus diingatkan dan diajak untuk kembali menjalankan sholat dengan ikhlas karena Allah SWT. Sholat memiliki syarat wajib, syarat sah, dan rukun sholat yang kesemuanya harus dipatuhi agar sholat yang dijalankan bisa diterima sebagai amal ibadah yang sah dan bagus di hadapan Allah SWT. Pengertian sholat menurut para ahli juga menekankan hal serupa bahwa segala hal yang berkenaan dengan aturan sholat harus dipatuhi dan ditaati dengan sebaik-baiknya demi kelancaran dan kekhusyukan ibadah sholat itu sendiri.

Related Posts