Pengertian Brainware Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Berbicara mengenai brainware selalu menjadi satu kesatuan dengan software dan hardware. Istilah software dan hardware memang lebih dikenal dan dipahami oleh masyarakat bisa dibandingkan dengan brainware. Apa sebenarnya brainware itu? Apa pula pengertian brainware menurut para ahli? Karena berkaitan dengan hardware dan software, telah jelas bahwa brainware merupakan sebuah istilah yang dipakai di dunia teknologi komputer. Lalu, apa hubungan ketiga hal tersebut? Mengapa barianware menjadi salah satu hal penting dalam pengoperasian komputer? Semua pertanyaan tersebut akan diulas dalam penjabaran mengenai brainware di bawah ini.

Secara harfiah, brainware diartikan sebagai perangkat intelektual (otak manusia) yang mampu mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware dan software di perangkat komputer. Brainware merupakan seorang user atau pengguna yang menggunakan komputer dengan berbagai macam keahlian yang dimilikinya. Dengan adanya brainware inilah hardware dan software bisa berfungsi sesuai dengan kegunaannya dan bisa dimaksimalkan dalam kegiatan berkomputerisasi. Tanpa adanya brainware, hardware dan software hanya berupa sesuatu yang dibuat tapi tidak difungsikan. Itulah keterkaitan antara brainware, hardware, dan software. Dalam hal pemanfaatan perangkat komputer secara optimal, kehadiran brainware memang sangat diperlukan agar komputer mampu dioperasikan dengan sangat maksimal.

88

Sesuai dengan pengertian brainware menurut para ahli, ada beberapa kategori brainware berdasarkan keahlian dan profesinya masing-masing. Kategori-kategori tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Operator data entry adalah pengguna komputer yang mempunyai kemampuan untuk menggunakan program aplikasi untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Keahlian yang dimaksud adalah mengoperasikan komputer dan peralatan pendukungnya, menggunakan program aplikasi sesuai dengan pekerjaan, dan mengarsipkan data ke media penyimpanan.
  2. Programmer system adalah seseorang yang mampu menguasai bahasa pemrograman untuk berkomunikasi dengan komputer sehingga bisa memanfaatkannya secara optimal sesuai dengan kebutuhan. Programmer juga bisa diartikan sebagai orang yang membuat sebuah aplikasi dengan program tertentu.
  3. Analys system adalah orang yang mempelajari dan melakukan analisis terhadap permasalahan yang dihadapi dalam suatu sistem dan merancang solusinya. Rancangan sistem ini bisa diwujudkan dalam sistem komputerisasi yang terintegrasi.
  4. Administrator system adalah orang yang mengelola sistem komputer yang dirancang oleh analys system dan programmer.
  5. Database Engineer adalah orang yang merancang database sehingga bisa mengakomodir kebutuhan pengelolaan data.
  6. System auditor adalah orang yang mengaudit sistem komputerisasi dan menemukan kelemahan-kelemahan sebuah sistem komputerisasi.
  7. ED Manager adalah orang yang bertanggung jawab pada semua jaringan komputer, selain itu ia juga memelihara hardware komputer di suatu perusahaan.
  8. Network Engineer adalah orang yang merancang teknik baru dalam bidang networking dan mengembangkan metode-metode baru untuk menghasilkan sesuatu di bidang networking.

Demikian ulasan mengenai pengertian brainware menurut para ahli. Semoga bisa menjawab semua pertanyaan dan keingintahuan mengenai brainware. Hal ini karena brainware merupakan salah satu hal terpenting dalam pengoperasian komputer. Brainware memang selalu berkembang mengikuti perkembangan teknologi komputer itu sendiri, diimbangi pula dengan ilmu dan pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan ke depannya. Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan bahan referensi.

Related Posts