Pengertian Basis Data Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Mempelajari pengertian basis data menurut para ahli bisa dimulai dari pembetukan istilahnya. Basis data atau disebut juga dengan data base dibentuk dari kata data dan base (basis). Data adalah kejadian di dunia nyata yang mengandung arti bisa berupa kata, gambar, atau simbol. Base (basis) adalah tempat atau ruangan untuk berkumpul. Jadi berdasarkan kata pembentuknya, basis data bisa diartikan sebagain beberapa data yang dikumpulkan dalam satu tempat atau sebuah kumpulan data yang saling berkaitan dan disusun sesuai dengan aturan yang logis sehingga bisa menghasilkan informasi. Di dalam basis data, data bisa disimpan, diolah, dan diorganisasi sehingga menghasilkan informasi yang berkualitas dan efisien.

                Software yang berfungsi untuk mengelola dan memanggil basis data disebut dengan sistem manajemen basis data.  Sistem ini berfungsi membuat basis data sampai dengan berlakunya basis data itu sednri. Salah satu jenisnya yang sangat terkenal adalah Relational database Management System (RDBMS). Sistem ini jelas sangat diperlukan dalam teknologi komputer yang langsung berhubungan4 dengan basis data. Basis data memiliki skema, yakni penjelasan terstruktur dari fakta yang tersimpan di dalam basis data. Skema menggambarkan objek yang diwakili suatu basis data dan hubungan antara objek tersebut. Skema inilah yang mengatur semua hal yang berada di dalam basis data.

                Selain penjelasan di atas, berikut ini ada beberapa pengertian basis data menurut para ahli. Basis data yang didefinisikan bisa dilihat dari berbagai macam segi, termasuk segi teknologi.

  • Menurut Silberschatz, basis data adalah kumpulan data berisi informasi yang sesuai untuk sebuah perusahaan.
  • Menurut McLeod, basis data adalah kumpulan dari seluruh sumber daya berbasis teknologi komputer yang dimiliki oleh sebuah organisasi.
  • Menurut Stephens dan plew, basis data adalah sebuah mekanisme yang dipakai untuk menyimpan informasi atau data.
  • Menurut Ramakrishnan dan Gehrke, basis data adalah kumpulan data yang umumnya mendeskripsikan aktivitas satu organisasi atau lebih dan saling berkaitan.
  • Menurut Chou, basis data adalah kumpulan informasi bermanfaat yang diorganisasikan ke dalam tata cara khusus.
  • Menurut Date, basis data adalah tempat sekumpulan data yang terkomputerisasi, sehingga sistem basis data menurut Date adalah sistem yang terkomputerisasi dengan tujuan melakukan pemeliharaan terhadap informasi dan membuat informasi tersebut tersedia saat dibutuhkan.
  • Menurut Bambang Hariyanto, basis data adalah kumpulan data yang secara logis berhubungan dengan merepresentasikan fenomena atau fakta secara terstruktur dalam domain tertentu untuk mendukung aplikasi pada sistem tertentu. Pengertian lainnya, basis data adalah kumpulan data yang saling berkaitan dan merefleksikan fakta-fakta yang terdapat dalam sebuah organisasi.
  • Menurut Fabbri dan Schwab, basis data adalah sistem data terpadu yang dirancang untuk meminimalkan pengulangan data.

                Jadi, bisa disimpulkan bahwa basis data adalah suatu kumpulan dari data yang membentuk suatu berkas yang saling berkaitan dengan tata cara tertentu yang berfungsi untuk membentuk data baru atau informasi. Basis data disimpan dalam hardware komputer dengan software tertentu yang dimanipulasi untuk kegunaan tertentu. Demikianlah pengertian basis data menurut para ahli.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian corel draw , pengertian mysql , pengertian hipertensi , pengertian power point , pengertian basis data , pengertian kas , pengertian mouse , pengertian ftp , pengertian prestasi belajar , pengertian imunisasi , pengertian struktur organisasi

Related Posts