Pengertian dan Fungsi Scanner

 Pengetahuan

Pernahkah anda menggunakan scanner? Jika pernah, tahukah anda tentang pengertian dan fungsi scanner? Untuk memahaminya, simaklah pembahasan kali ini!

Artikel kali ini dibuat dengan judul pengertian dan fungsi scanner. Scanner sering dibilang sebagai mesin fotokopi dengan teknologi baru, sedangkan secara teoritis, mesin scanner merupakan salah satu perangkat keras jaringan komputer yang cara kerja nya sama/ mirip dengan mesin fotokopi.  Meskipun terbilang mirip, tetap ada ada segi perbedaan diantara kedua alat ini. Hasil dari mesin fotokopi pada umumnya dapat kita lihat langsung pada kertas, dan tidak dapat diedit pada layar komputer, sedangkan hasil dari mesin scanner umumnya dapat di tampilkan di layar monitor komputer sehingga hasil pada mesin scanner dapat di edit lalu di print sesuai dengan hasil edit si pemiliknya. Dalam melakukan tugasnya, mesin scanner terbagi menjadi beberapa macam, diantaranya adalah :

4

  1. Scanner Gambar merupakan suatu alat yang fungsinya memindai gambar atau tulisan yang ada pada sebuah kertas, dengan cara meletakkan kertas tersebut di atas scanner dan kemudian memindainya. Mesin scanner macam ini terbilang yang paling sering ditemui di warnet – warnet pada umumnya.
  2. Scanner Sinar X  merupakan suatu alat yang berfungsi untuk memindai sebuah benda dengan menggunakan sinar x atau sinar Rontgen. Alat ini biasanya digunakan untuk memindai bagian dalam suatu benda. Aplikasi penggunaan scanner macam ini biasanya di rumah sakit – rumah sakit umum
  3. Scanner Barcode adalah alat yang berfungsi untuk memindai data yang tersimpan di dalam kode-kode berupa batang, garis, titik, dan persegi panjang. Aplikasi penggunaan scanner macam ini biasanya di mesin kasir supermarket/ swalayan – swalayan
  4. Scanner Optical Mark Reader (OMR) memiliki fungsi yang hampir sama dengan scanner gambar. Aplikasi penggunaan scanner macam ini biasanya untuk memindai Lembar Jawaban Komputer (LJK) pada ujian nasional disekolah.
  5. Scanner Cek merupakan suatu alat yang fungsinya untuk memindai sebuah cek dan dapat memindai keaslian sebuah lembaran cek.
  6. Scanner 3 Dimensi meupakan suatu alat yang fungsinya untuk memindai sebuah benda secara 3 dimensi.
  7. Scanner Logam merupakan suatu alat yang fungsinya untuk memindai kandungan logam yang terdapat pada sebuah benda.

Setelah membahas pengertian dan beberapa macam mesin scanner, daptkah anda memahaminya? Membahas arti tanpa mengetahui fungsinya sepertinya terasa kurang lengkap, untuk itu dalam pembahasan pengertian dan fungsi scanner kali ini, penulis akan merangkum fungsi scanner sesuai dengan pengertian dan pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari – hari. Fungsi scanner adalah sebagai berikut :

  1. Mesin scanner berfungsi untuk memindai tulisan/objek yang berada pada kertas/ lensa dalam memori penyimpanan komputer
  2. Mesin scanner mempermudah kita untuk melakukan pekerjaan sehari – hari yang berhubungan dengan pengcopy’n data yang menghasilkan output data tersebut dalam memori komputer. Contohnya saja, tanpa mesin scanner jenis barcode, pelayan kasir di suatu swalayan harus menghitung menggunakan hitungan manual, hal ini jelas mempersulit pekerjaannya.
  3. Mesin scanner berfungsi untuk mendeteksi sesuatu yang terjadi dalam tubuh manusia. Contohnya pada sinar rontgen

Setelah membahas pengertian dan fungsi scanner dapatkah anda memahaminya? Semoga pembahasan kali ini memberikan ilmu pengetahuan tambahan untuk anda yang membacanya.

Related Posts