Manfaat Jagung Manis bagi Kesehatan

 Kesehatan

Jagung adalah salah satu jenis sayuran yang juga bisa diolah menjadi makanan pokok alternatif. Di beberapa daerah di Indonesia, jagung kerapkali dipakai untuk sumber karbohidrat menggantikan nasi. Secara umum, ada dua jenis jagung yang dikenal masyarakat, yakni jagung biasa (pengganti nasi) dan jagung manis. Dinamakan jagung manis karena rasa dari setiap bulir jagung ini adalah manis dengan kadar air lebih banyak dibandingkan jagung biasa. Manfaat jagung manis bagi kesehatan tidak kalah dengan jagung biasa. Bahkan, ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa kandungan nutrisi dan vitamin yang ada di jagung manis lebih banyak dan besar bila dibandingkan dengan jagung biasa.

Jagung manis dikonsumsi ketika masih muda dan segar karena kandungan kandungan gula yang ada di dalamnya bisa lebih cepat terkonversi dengan pati. Jagung menjadi salah satu makanan pengganti nasi karena jagung dipercaya memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan padi. Selain karena kandungan nutrisi dan vitaminnya, jagung manis banyak disukai karena mudah diolah. Jagung manis bisa diolah menjadi berbagai macam makanan dengan tanpa menghilangkan kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya. Olahan jagung manis yang popular adalah jagung rebus, sup jagung, pudding, dibakar, perkedel jagung, dan masih banyak olahan nikmat menyehatkan lainnya. Rasa yang enak, cara mengolah yang mudah, dan nutrisi yang sangat banyak adalah alasan-alasan banyak orang menyukai jagung manis.

4

Manfaat jagung manis bagi kesehatan. Berbagai nutrisi dan vitamin yang terdapat di dalam jagung manis mampu memberikan banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh kita. Aoa saja kandungan di dalam jagung manis? Zat-zat yang ada di dalam jagung manis adalah sebagai berikut. Jagung manis mengandung kalori yang tinggi, yakni 86 kalori per 100 gram. Selain itu kandungan lainnya adalah serat, vitamin A, antioksidan fenolik flavonoid, asam ferulat, vitamin B kompleks, dan beberapa mineral yang sangat penting seperti seng, magnesium, tembaga, besi, serta mangan.

Agar mendapatkan semua kandungan nutrisi dan vitamin tersebut, pastikan Anda memilih jagung yang berkualitas baik. Jagung manis yang baik untuk dikonsumsi adalah yang berwarna kuning keemasan dengan pembungkus berwarna hijau terang. Bila pembungkus sudah dibuang, pastikan Anda membeli jagung yang berada dalam kemasan agar tida tercemar dengan kotoran dari luar. Belilah jagung manis yang mash segar dan tidak busuk. Jagung manis yang telah busuk biasanya berbau tidak enak, berair, dan berwarna sedikit kecoklatan.

Lalu, apa saja manfaat jagung manis bagi kesehatan? Manfaat dari jagung manis yang banyak diinginkan oleh orang adalah sebagai berikut.

  • Menyehatkan kulit karena kandungan antioksidan dan senyawa cryptoxanthin yang selanjutnya oleh tubuh diubah menjadi vitamin A.
  • Mengontrol kadar kolesterol karena kandungan vitamin C, karotenoid, dan bioflavanoid sehingga bisa membuat jantung tetap sehat. Aliran di dalam tubuh menjadi lancar dan kadar kolesterol pun bisa dikontrol dengan baik.
  • Melancarkan saluran pencernaan karena kaya kandungan serat, sekaligus menurunkan risiko kanker usus karena kandungan zat besi, folic acid, dan vitamin B.
  • Mempertajam penglihatan dan daya ingat karena kandungan thiamine yang mampu menopang kondisi sel-sel otak dan fungsi kognitif agar bekerja lebih maksimal.

Related Posts