Manfaat Sari Kurma untuk Ibu Hamil

 Kesehatan

Pernah mendengar mengenai sari kurma? Minuman yang didapat dari olahan buah kurma ini mulai popular beberapa tahun terakhir ini. Sari kurma berbentuk cairan dengan rasa kurma yang khas, sebagian orang menyebutnya dengan sirup kurma karena memang mirip dengan sirup buah. Manfaat sari kurma untuk ibu hamil sudah tidak perlu diragukan lagi, mengingat bahan dasar pembuatannya adalah buah kurma yang sudah terkenal kaya akan khasiat bagi kesehatan, terutama untuk ibu hamil. Sari kurma dipercaya bisa memberikan nutrisi yang sangat lengkap saat sedang hamil, untuk ibu dan juga janin yan g dikandungnya.

Sari kurma adalah ekstrak dari buah kurma yang banyak terdapat di daerah Timur Tengah. Buah kurma sendiri memang diyakini memiliki banyak manfaat dan khasiat, terutama untuk ibu hamil, jadi tak heran bila sari kurma juga diyakini memiliki manfaat yang sama. Buah kurma mengandung beberapa nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kandungan tetap sehat dan mempermudah proses persalinan. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi buah kurma pada 4 minggu terakhir sebelum persalinan akan mengurangi kebutuhan induksi dan bantuan persalinan, serta menghasilkan proses persalinan yang lebih nyaman, meski tidak terlalu bisa dijanjikan. Dalam pernyataan tersebut sudah sangat jelas bahwa sari kurma sangat berkhasiat bagi ibu hamil.

3

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil tentunya tidak bisa terlepas dari berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalam sari kurma itu sendiri. Zat besi di dalam sari kurma mampu memacu pembentukan hemoglobin dalam darah yang memiliki peran untuk membawa oksigen ke sel darah, juga membantu produksi sel darah merah. Asupan oksigen dan nutrisi yang lancar akan sangat berpengaruh baik bagi perkembangan janin yang ada di dalam kandungan ibu. Sedangkan bagi ibu yang sedang melahirkan, sari kurma juga bisa memberikan manfaat yang sangat baik. Kandungan hormon sejenis oksitosin yang ada di dalamnya mampu membantu otot rahim agar terpicu berkontraksi. Kandungan hormon potuchin juga terdapat di dalam sari kurma yang berfungsi untuk mengikat rahim dan otot sehingga proses pendarahan tidak terlalu lama dan menyakitkan, bisa juga merangsang produksi ASI agar lancar.

Selain untuk ibu hamil, sari kurma juga berkhasiat bagi kesehatan. Salah satunya adalah kesehatan tulang dan gigi. Kandungan kalsium yang ada di dalam sari kurma bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada janin serta memberikan ketahanan tulang bagi ibu hamil itu sendiri. Di samping itu, kandungan fiber atau serat alami pada sari kurma ternyata lebih banyak bila dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Serat ini berfungsi untuk memperlancar proses pembuangan agar tidak sembelit.

Dengan begitu banyaknya manfaat sari kurma untuk ibu hamil, sudah tidak perlu ragu lagi untuk memulai mengonsumsi sari kurma. Anda bisa mengonsumsinya mulai kehamilan trimester pertama. Rasa mual, muntah, pusing yang biasanya dirasakan oleh ibu hamil muda bisa berkurang dengan rutin meminum sari kurma. Menjadi seorang ibu memang membanggakan, oleh sebab itu persiapkan segalanya dengan matang, termasuk kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya.

Related Posts