Pengertian Uang Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Ada yang belum pernah mendengar istilah uang? Sangat tidak mungkin di dunia yang serba ter”nilai” ini pengertian uang menjadi hal yang tabu. Bahkan pengertian uang menurut para ahli pun menjadi hal yang sangat mudah untuk dijumpai. Ya memang benar, uang telah menjadi hal yang sangat penting dan dicari semua orang di dunia ini. Uang dibutuhkan untuk hidup karena uang merupakan alat pertukaran utama untuk mendapatkan segala kebutuhan hidup. Uang memiliki peran yang sangat kuat untuk kehidupan seseorang. Bahkan semakin hari uang selalu diidentikkan dengan kekayaan dan kekuasaan. Tak sedikit orang yang terjerumus hal buruk hanya demi uang. Namun, tahukah Anda mengenai sejarah uang? Bagaimana prosesnya uang bisa begitu berharga dalam kehidupan kita?

                Zaman dulu saat kehidupan manusia masih sangat sederhana, dalam arti belum adanya uang untuk bertransaksi, manusia memenuhi kebutuhan dengan cara barter atau perukaran barang. Seiring dengan perkembangan zaman, sistem barter mulai tersingkir dan tergantikan dengan munculnya uang. Hal ini karena barter dianggap sebagai sistem yang kurang praktis dan cenderung merugikan salah satu pihak. Akhirnya pada abad ke-17 SM uang pun semakin berkembang. Pada tahun yang sama pula telah digunakan alat tukar berupa logam, yakni emas dan perak. Sejak saat itulah pertukaran semakin mudah dan terstruktur dengan baik sampai akhirnya alat tukar perak dan emas mulai digantikan dengan uang kertas.

5

                Pengertian uang menurut para ahli adalah pembahasan yang menyertai sejarah uang. Definisi yang dikemukakan oleh pakar ini bisa menjadi bukti bahwa uang memiliki makna yang lebih luas.

  • Menurut Albert Gailort Hart, uang sebagai suatu kekayaan yang dimiliki untuk dapat melunasi utang dalam jumlah tertentu dan pada waktu yang tertentu pula.
  • Menurut A. C. Pigou, uang adalah segala sesuatu yang umum dipergunakan sebagai alat tukar.
  • Menurut H. Robertson, uang adalah segala sesuatu yang umum diterima dalam pembayaran barang dan jasa.
  • Menurut R. S. Sayers, uang sebagai segala sesuatu yang umum diterima bagi pembayaran utang.
  • Menurut Rollin G. Thomas, uang adalah segala sesuatu yang tersedia dan umumnya diterima umum sebagai alat pembayaran untuk pembelian barang dan jasa, serta untuk pelunasan utang.
  • Menurut Walker, uang adalah semua hal yang dapat dilakukan oleh uang itu. Dengan kata lain, uang adalah uang karena fungsinya sebagai uang dan bukan karena fungsi- fungsi yang lain.
  • Menurut hukum, uang adalah benda yang merupakan alat pembayaran yang sah. Secara fungsional uang adalah suatu benda yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran. Bila dilihat dari nilainya, uang adalah satuan hitung untuk menyatakan nilai.
  • Menurut Ensiklopedi Indonesia, uang adalah segala sesuatu yang biasanya digunakan dan diterima secara umum sebagai alat penukar atau standar pengukur nilai, yaitu standar daya beli, standar uang, dan garansi menanggung utang.

                Berdasarkan pengertian uang menurut para ahli di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa uang umunya digunakan sebagai alat pembayaran secara sah di semua negara di dunia, uang juga memiliki fungsi-fungsi lainnya. Uang bisa dinyatakan dalam satuan hitung tertentu sesuai dengan ketentuan di negara tertentu.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian software , pengertian zakat , pengertian sistem operasi , pengertian modem , pengertian batik , pengertian uang , pengertian statistik , pengertian lan , pengertian geografi , pengertian cerpen , pengertian energi

Related Posts