Fungsi Bahasa Indonesia Secara Umum

 Pengetahuan

Bahasa apa yang kita gunakan sebagai warga negara Indonesia? Bahasa yang kita gunakan sehari-hari untuk bekerja, berbicara, dan melakukan kegiatan apapun yang berhubungan dengan orang lain? Jawabannya jelas bahasa Indonesia. Dalam dunia pendidikan bahasa Indonesia menjadi salah satu pelajaran yang paling digemari. Mengapa begitu? Karena bahasa Indonesia tidak memiliki rumus, tidak mempunyai hitungan, dan tidak mengandung unsure angka yang di benci bagi sebagian pelajar. Kalaupun ada tidak sebanyak dan tidak memusingkan seperti pelajaran yang menggunakan rumus dan hitungan baku. Meskipun sudah tidak asing lagi kita sebagai warga negara Indonesia berbahasa Indonesia, dapatkah pembaca menguraikan secara rinci tentang fungsi bahasa Indonesia? Mari kita bahas bersama tentang Fungsi bahasa Indonesia Secara Umum.

Bahasa Indonesia secara umum merupakan bahasa melayu yang dijadikan sebagai bahasa resmi republic Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Pengertian tersebut mengantarkan kita pada pembahasan Fungsi bahasa Indonesia Secara Umum. Dapat dikatakan fungsi umum bahasa Indonesia adalah sebagai alat komunikasi social bagi bangsa indonesia. Dari fungsi ini kita dapat meluaskan sudut pandang tentang Fungsi bahasa Indonesia Secara Umum. Fungsi umum tersebut diantaranya adalah :

2

  1. Bahasa Indonesia sebagai alat untuk menyatakan ekspresi diri

Dalam hal ini, bahasa mengungkapkan segala sesuatu yang ada dalam diri seseorang, baik berbentuk perasaan, pikiran, gagasan, dan keinginan yang dimilikinya. Bahasa

  1. Bahasa Indonesia sebagai alat untuk beradaptasi

Dalam hal ini, bahasa mempermudah kita berbicara dengan lingkungan baru untuk beradaptasi dengan orang lain. Kepandaian memilih kata dalam berbahasa akan memudahkan kita untuk beradaptasi di lingkungan baru yang kita tempati. Dengan berbahasa yang baik orang lain akan menilai bagaimana kita dan seperti apa kita dalam lingkup masyarakat. Apakah baik ataukah buruk.

  1. Bahasa Indonesia sebagai alat control social

Mengapa dikatakan demikian? Ilustrasinya akan penulis berikan seperti ini. Jika seseorang merasa emosi yang tidak terbendung, ia dapat melampiaskannya dengan menuliskan sebuah kata-kata, bernyanyi atau disesuaikan dengan kebiasaan seseorang tersebut. Semua kegiatan ini berhubungan dengan bahasa Indonesia yang kita gunakan setiap harinya. Bahasa Indonesia sebagai alat Control social juga dapat digambarkan kegiatan berbicara kita dengan orang lain. Karena dengan kita berbicara kita memiliki sudut pandang baru, sikap baru, dan tindakan baru yang baik dan dapat kita nilai dalam kehidupan kita sehingga dapat kita gunakan sebagai alat control social.

  1. Bahasa Indonesia juga dapat memberikan fungsi sebagai status social

Dalam hal ini status social dapat kita dapatkan dari cara bicara yang kita gunakan sehari-hari. Bekerja, belajar, berorganisasi, atau melakukan hal lain dipermudah dengan penggunaan bahasa Indonesia. Pengucapan bahasa Indonesia yang baik dari kita akan memberikan penilaian baik tersendiri dari lawan bicara kita.

Setelah penulis jabarkan tentang Fungsi bahasa Indonesia Secara Umum. Penulis berharap kita sebagai bangsa Indonesia yang tinggal dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia terus memperbaiki bahasa sehari-hari kita agar mendapatkan status social dan kedudukan yang dilihat baik dengan orang lain di sekeliling kita. Tidak hanya dengan kedudukan kita dalam pekerjaan kita, tetapi kedudukan dalam berbahasa juga perlu diperhatikan.

Related Posts