Fungsi Router Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Router? Apa yang terlintas di pikiran anda dengan kata ini? Apakah ini sejenis makanan? Minuman? Benda? Barang? Pekerjaan? Atau yang lainnya? Router memang terdengar asing di telinga masyarakat, istilah nya jarang di dengar. Anda penasaran dengan pengertian router?  Artikel kali ini akan menambah pengetahuan bagi para pembaca yang membaca nya, karena pembahasan artikel kali ini berjudul fungsi router menurut para ahli. Jadi jangan malas untuk membaca ya.

Apa itu router? Apakah anda yang maniak dengan teknologi internet tetap tidak mengetahuinya? Router memang berhubungan engan computer dan teknologi internet. Router adalah perangkat jaringan yang mengirimkan paket data dari suatu jaringan internet menuju tujuannya melalui sebuah proses. Istilah router jarang terdengar di telinga kita karena memang tidak semua computer memiliki router, router hanya ada dimiliki oleh yang membutuhkannya saja.yang membeli nya secara terpisah kemudian dipasangkan dalam komputernya. Proses yang terjadi saat penggunaan router adalah proses routing. Setelah mengetahui pengertian tentang router mari kita perdalam lagi pemahaman kita tentang router dengan membahas fungsi router menurut para ahlinya. Router dikatakan sebagai perangkat keras yang menghubungkan beberapa jaringan / network yang mempunyai protocol yang sama. Membahas fungsi router, berkaitan dengan jenis router yang digunakan. Terdapat 3 jenis router yang masing – masingnya memiliki fungsi tersendiri. Jenis router beserta fungsinya adalah sebagai berikut :

1

  1. Router aplikasi berfungsi sebagai system operasi yang menghubungkan beberapa jaringan / network
  2. Router hardware berfungsi untuk membagi koneksi pada suatu ruang atau wilayah. Router ini berhubungan dengan fasilitas hot spot area
  3. Router PC berfungsi untuk membagi koneksi internet yang disebarkan oleh system operasi

Terlepas dari fungsi bedasarkan jenisnya, fungsi router secara umum adalah sebagai berikut ;

  1. Fungsi utama router adalah untuk penghubung antara dua atau lebih jaringan lalu diteruskan dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Fungsi router hampir disamakan dengan fungsi switch, tapi beda nya adalah, switch menghubungkan beberapa alatt untuk membentuk suatu LAN (Local Area Network)
  2. Router digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah layanan telekomunikasi. Router digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah koneksi yang disebut access server
  3. Router juga digunakan untuk menghubungkan jaringan local ke sebuah koneksi DSL router. Fungsi router juga mencegah terjadinya kinerja jaringan yang lambat karena adanya broadcast strom dengan cara memblokir lalu lintas data yang dipancarkan secara broadcast sehingga terjadi broadcast strom.

Bagaimana penjelasan di atas pembaca? Sudah bisa kah anda mengerti tentang router? Masihkah router terdengar asing di telinga anda? Meskipun terdengar asing setidaknya setelah anda membaca artikel ini anda dapat menjelaskan apa itu router beserta fungsinya dalam kehidupan sehari-hari. Pengertian dan fungsi artikel sudah penulis jelaskan dalam artikel ini. Penulis berharap agar artikel yang berjudul fungsi router menurut para ahli ini menambah wawasan dan ilmu bagi para pembaca. Jangan malas untuk membaca, karena dengan membaca ilmu apapun dapat kita peroleh, dan pasti bermanfaat untuk kehidupan kita di masa sekarang maupun di masa depan.

Related Posts