Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Di dalam suatu perusahaan, marketing atau pemasaran merupakan salah satu bagian paling penting karena langsung berhubungan dengan konsumen. Pemasaran juga bisa menjadi penentu keuntungan dan kemajuan suatu perusahaan. Untuk itu, diperlukan yang namanya strategi pemasaran dalam menerapkan sistem pemasaran yang baik. Dalam menemukan strategi pemasaran yang baik dan sesuai, dibutuhkan banyak pengetahuan mengenai pemasaran, salah satunya adalah pengertian strategi pemasaran menurut para ahli adalah. Dengan mempelajari pengertiannya, diharapkan perusahaan mampu menemukan cara-cara yang tetapt dan sesuai dengan barang atau jasa yang akan dipasarkan dari perusahaannya. Strategi pemasaran yang baik akan memengaruhi banyak sedikitnya konsumen dan secara tidak langsung juga dapat memengaruhi tingkat pendapatan suatu perusahaan.

Secara umum, strategi pemasaran merupakan suatu pengambilan keputusan mengenai biaya, bauran, dan alokasi pemasaran dalam hubungannya dengan keadaan lingkungan yang diharapkan serta kondisi persaingannya. Di dalam strategi pemasaran ada tiga hal yang menjadi faktor utama penyebab perubahan strategi pemasaran kemungkinan bisa terjadi. Ketiga hal tersebut adalah daur hidup produk, posisi persaingan perusahaan di pasar, dan situasi ekonomi. Ketiganya harus dijalankan dengan seimbang dan sesuai dengan prosinya masing-masing. Ada tahap-tahap daur hidup, yakni perkenalan, pertumbuhan, kedewasaan, dan kemunduran. Selanjutnya disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan di dunia bisnis. Terakhir, disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan ke depan.

4

Menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk sebuah produk barang dan jasa memang tidaklah mudah. Hal tersebut juga dipaparkan dalam pengertian strategi pemasaran menurut para ahli. Berikut ini adalah beberapa definisi yang dikemukakan oleh para ahli tersebut.

  • Menurut Philip Kotler, strategi pemasaran adalah sebuah pola pikir pemasaran yang akan dipakai untuk mencapai tujuan pemasaran suatu perusahaan, bisa berisi strategi spesifik untuk pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran, dan besarnya pengeluaran pemasaran.
  • Menurut Guiltinan dan Paul, strategi pemasaran adalah pernyataan pokok mengenai dampak atau akibat yang diharapkan akan dicapai dalam hal permintaan pada target pasar yang ditentukan.
  • Menurut Tjiptono, strategi pemasaran adalah alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang dipakai untuk melayani pasar sasarannya.

Dalam suatu strategi pemasaran ada dasar tindakan yang mengarah pada kegiatan pemasaran dari suatu perusahaan dalam kondisi persaingan dan lingkungan yang selau berubah-ubah dengan harapan dapat mencapai tujuan. Sebelum suatu perusahaan menetapkan strategi pemasaran yang akan dipakai, terlebih dahulu harus melihat situasi dan kondisi pasar serta menilai posisinya di pasar tersebut. Tujuannya agar dapat ditentukan kegiatan pemasaran apa yang cocok untuk diterapkan.

Strategi pemasaran dikatakan berhasil apabila konsumen mencapai tingkat kepuasan yang diharapkan oleh perusahaan. Dengan kata lain, tujuan dan sasaran pemasaran suatu produk yang dibicarakan dalam pengertian strategi pemasaran menurut para ahli di atas adalah mengarah pada kepuasaan konsumen. Setiap perusahaan akan terus bersaing untuk mendapatkan strategi pemasaran yang terbaik. Merekaakan terus melakukan riset dan pengamatan, apa saja yang dibutuhkan dan diinginkan oleh masyarakat di sekitarnya, termasuk dengan cara-cara yang ampuh untuk mendapatkan perhatiannya.

Related Posts