Pengertian Frekuensi Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Apa yang ada di benak Anda saat mendengar istilah frekuensi? Terpikir pulakah mengenai pengertian frekuensi menurut para ahli adalah? Istilah frekuensi biasa dikaitkan dengan bidang ilmu Fisika. Apa sebenarnya frekuensi itu? Frekuensi adalah banyaknya getaran yang terjadi dalam setiap satuan waktu. Menurut situs ensiklopedi, Wikipedia, frekuensi adalah ukuran jumlah putaran ulang tiap peristiwa atau kejadian dalam satuan waktu yang diberikan. Pengertian dari sumber lain menyebutkan bahwa frekuensi merupakan jumlah getaran yang terjadi dalam waktu satu detik atau banyaknya gelombang listrik yang dihasilkan tiap detik.

Istilah frekuensi terkadang disamakan dengan periode, tetapi keduanya memiliki pengertian yang berbeda. Periode merupakan lama waktu yang ditempuh untuk melakukan satu getaran sempurna suatu gelombang listrik. Periode getaran adalah waktu yang dibutuhkan untuk melakukan satu kali getaran penuh. Dari kedua pengertian secara umum tersebut sudah dapat dipastikan bahwa frekuensi dengan periode merupakan dua hal yang sangat berbeda satu sama lain. Hubungan antara frekuensi dengan periode adalah berbanding terbalik. Maksudnya adalah semakin besar frekuensinya, maka periodenya akan semakin kecil. Begitu pula sebaliknya, semakin kecil frekuensinya maka akan semakin besar periode yang dibutuhkan.

5

Berdasarkan pengertian frekuensi menurut para ahli di atas, untuk menghitung frekuensi, seseorang harus menetapkan jarak waktu, menghitung jumlah kejadian atau peristiwa, dan membagi hitungan tersebut dengan panjang waktunya. Dalam siste satuan internasional mengenai frekuensi, hasil perhitungan tersebut dinyatakan dalam satuan hertz (Hz). Satuan tersebut diambil dari nama ahli ilm Fisika dari jerman yang menemukan fenomena mengenai frekuensi pertama kali, yakni Heinrich Rudolf Hertz. Frekuensi sebesar 1 Hz menyatakan suatu peristiwa yang terjadi satu kali tiap detik.

Ada dua jenis frekuensi yang umum dipakai dalam kehidupan sehari-hari, yakni frekuensi audio dan frekuensi radio. Berikut ini pemaparan yang rinci mengenai kedua jenis frekuensi tersebut.

  1. Frekuensi audio atau frekuensi suara adalah suatu getaran frekuensi yang dapat didengar oleh manusia dengan standar getaran antara 20 – 20.000 Hertz. Sesuai dengan kemampuan mendengarnya, sistem pendengaran manusia dibagi menjadi tiga macam, yakni infrasonik, audible, dan ultrasonik. Frekuensi infrasonik adalah frekuensi dengan rentang gelombang antara 0 – 20 Hz. Frekuensi audible adalah frekuensi dengan rentang gelombang antara 20 – 20.000 Hz. Sedangkan frekuensi ultrasonik adalah frekuensi dengan rentang gelombang di atas 20.000 Hz.
  2. Frekuensi radio merupakan salah satu jenis gelombang yang mengacu pada spektrum elektromagnetik yang bisa dihasilkan oleh pemberian arus bolak-balik ke sebuah antena. Dengan adanya frekuensi tersebut, kita bisa mendengarkan siaran radio melalui gelombang suara seperti yang kita lakukan sehari-hari. Gelombang radio sendiri dibagi menjadi dua, yakni gelombang frekuensi AM dan gelombang frekuensi FM.

Demikian pembahasan mengenai pengertian frekuensi menurut para ahli. Semoga bisa memberikan wawasan dan bahan referensi bagi Anda yang sedang mempelajari mengenai frekuensi dalam bidag ilmu Fisika. Keberadaan frekuensi memang memiliki banyak manfaat dalam kehidupan kita sehari-hari. Oleh sebab itu, tidak ada salah dan ruginya untuk terus berusaha memahami lebih lanjut dan mengembangkannya.

Related Posts