Pengertian Aktiva Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Istilah aktiva merupakan sebuah istilah yang berada dalam lingkup kajian ilmu Ekonomi dan Akuntansi. Aktiva biasa disebut juga dengan asset. Dalam sebuah bisnis, aktiva mengambil peranan penting karena berhubungan dengan harta kekayaan yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Pengertian aktiva menurut para ahli adalah mengambil peranan penting dalam mempelajari tentang aktiva. Seperti kita ketahui bahwa segala hal yang berkenaan dengan uang dan harta harus bisa dijelaskan dengan sangat rinci agar tidak menimbulkan kesalahpahaman di kemudian hari. Selain itu, aktiva juga menjadi pengaruh yang tidak sepele terhadap kemajuan dan perkembangan suatu perusahaan.

Aktiva atau asset adalah sumber daya yang dimiliki oleh entitas bisnis atau usaha. Sumber daya yang dimaksud bisa berbentuk fisik atau hak yang memiliki nilai ekonomis. Pengertian lain menyebutkan bahwa aktiva adalah suatu sumber daya ekonomi yang didapatkan dan dikuasai oleh suatu perusahaan sebagai hasil dari transaksi masa lalu. Salah satu aktiva yang selalu ada di setiap perusahaan adalah aktiva tetap yang dipakai untuk kegiatan operasional perusahaan dalam menghasilkan produknya, baik berupa barang atau jasa. Aktiva juga disebut sebagai harta kekayaan yang harus daoat diukur dengan jelas dengan satu satuan uang dan diurutkan berdasar kecepatan perubahannya kembali menjadi uang kas. Bentuk aktiva yang biasa ada dalam perusahaan adalah kas, piutang, perlengkapan, beban di muka, bangunan, tana, hak paten, dan lain-lain.

6

Untuk lebih memahami mengenai aktiva, berikut ini adalah uraian pengertian aktiva menurut para ahli yang diambil dari berbagai sumber.

  • Menurut Djarwanto PS., aktiva adalah bentuk dari penanaman modal perusahaan berupa harta kekayaan, hak atas kekayaan, atau jasa yang dimiliki perusahaan yang bersangkutan.
  • Menurut Sugiri dan Sumiyana,  aktiva adalah manfaat ekonomi di masa mendatang yang pasti diperoleh atau dikuasai oleh entitas tertentu sebagai hasil dari transaksi atau peristiwa masa lampau.
  • Menurut Zaki Baridwan, aktiva adalah benda berwujud dan semu serta sumber daya perusahaan yang diharapkan diperoleh manfaat ekonomisnya.
  • Menurut Weygandt, aktiva adalah sumber penghasilan atas usahanya sendiri, karakteristik umumnya yaitu memberikan jasa atau manfaat di masa mendatang.
  • Menurut Mamduh M.Hanafi, aktiva adalah sumber daya yang dikuasai oleh perusahaan sebagai akibat dari peristiwa masa lalu dan darinya manfaat ekonomi di masa depan diharapkan akan diraih oleh perusahaan.
  • Menurut Thompson, aktiva adalah kemungkinan keuntungan ekonomi di masa depan yang diperoleh atau dikontrol oleh entitas tertentu sebagai hasil dari transaksi atau kejadian dimasa lalu.
  • Menurut S. Munawir, aktiva adalah sarana atau sumber daya ekonomi yang dimiliki oleh suatu perusahaan yang harga perolehannya harus diukur secara objektif.
  • Menurut Yusuf, aktiva adalah sumber–sumber eknomi yang dimiliki perusahaan dan biasa dinyatakan dalam satuan uang.

Di dalam pengertian aktiva menurut para ahli di atas bisa dipahami bahwa aktiva berupa sumber kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan. Aktiva tersebut dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yakni aktiva lancar, akitva tetap, dan aktiva tidak berwujud. Aktiva lancar adalah aktiva yang dalam waktu singkat dapat diubah menjadi uang kas. Aktiva tetap adalah aktiva yang dapat diukur dengan jelas dan bersifat permanen. Aktiva tidak berwujud adalah semua aktiva yang tidak dapat disimpan sebagai persediaan dan dipegang bentuknya, tetapi bisa dirasakan.

Related Posts