Pengertian Seni Lukis Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Membicarakan mengenai seni memang tidak ada habisnya. Sebagai salah satu ilmu yang mengedepankan estetika, seni merupakan hal yang tak bisa dilepaskan dari unsur keindahan dalam kehidupan manusia, begitu pula dengan seni lukis. Pengertian seni lukis menurut para ahli menjadi dasar pembelajaran dan penerapan seni sebagai suatu ilmu. Seni merupakan sesuatu yang bernilai estetis, bisa berupa benda mati atau hidup, abstrak atau konkret, dan sebagainya. Sedangkan lukis merupakan salah satu bagian dari seni berupa benda mati yang diwujudkan dalam bentuk gambar dua atau tiga dimensi.

Tak sedikit orang yang mengabdikan hidupnya dan menekuni dunia seni lukis karena dianggap sebagai dunia yang menarik dan bisa menjadi tempat untuk menyalurkan ide, pikiran, dan gagasan seseorang tanpa ada batasan dan larangan dari siapapun. Pengertian lain menyebutkan bahwa seni lukis adalah sebuah pengembangan yang lebih utuh dan kompleks dari kegiatan menggambar. Kegiatan dalam ilmu seni lukis adalah melukis yang diartikan sebagai suatu kegiatan mengolah medium dua dimensi atau suatu permukaan objek tiga dimensi untuk memperoleh kesan tertentu terhadap objek tersebut. Bagi seorang pelukis, media lukisan dapat berupa apa saja tak hanya kanvas atau kertas, melainkan juga bisa berupa papan, kaca, pasir, dan lain sebagainya.

1

Untuk mempertajam pemahaman mengenai seni lukis, berikut ini uraian beberapa pengertian seni lukis menurut para ahli.

  • Menurut Soni Ade & Imam R, seni lukis adalah kekuatan peradaban manusia dan budaya karena dilatih untuk jeli, cermat, dan teliti dalam mengamati berbagai fenomena alam dan kehidupannya.
  • Menurut Slamet Riyanto, seni lukis adalah salah satu bagian dari ilmu desain grafis.
  • Menurut Jim Supangat, seni lukis adalah suatu upaya menegaskan kembali pengalaman masa lalu pada konteks sekarang.
  • Menurut Noryan Bahari, seni lukis dalah bahasa ungkapan pengalaman artistik dan ideologi seseorang.
  • Menurut Harry Sulastianto, seni lukis adalah cabang seni rupa murni yang berwujud dua dimensi, biasanya dilakukan di atas kanvas dengan mengghunakan cat minyak atau cat akrilik.
  • Menurut Soedarso, seni lukis adalah salah satu cabang dari seni rupa yang diwujudkan melalui karya dua dimensi dengan unsur – unsur pokok berupa garis dan warna.
  • Menurut Suwarno Wisetrotomo, M Dwi Marianto, dan Endah Nawang N, seni lukis adalah sebuah pengabdian dalam gambar, perjalanan pengalaman hidup.

Berdasarkan pengertian seni lukis menurut para ahli di atas, ada hal yang bisa kita simpulkan dan telaah lebih lanjut, yakni mengenai jenis-jenis seni lukis. Berdasarkan media dan teknik pengerjaannya, seni lukis bisa dibagi menjadi beberapa macam, yakni lukisan cat minyak, cat air, pastel, arang batik, kaca, azalejo, tempera, al-secco, al-fresco, dan mozaik. Masing-masing jenis tersebut memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri, baik dari segi media yang digunakan dan teknik yang dipakai dalam proses pembuatannya. Misalnya lukisan al-fresco yang dibuat dengan media dinding atau mural dan lukisan tempera yang dibuat dengan cara menempel potongan dari bentuk tertentu sehingga menghasilkan gambar seperti lukisan cat minyak.

Related Posts