Manfaat Mandi Susu untuk Kulit

 Kesehatan

Selain untuk dikonsumsi sebagai minuman yang menyehatkan, susu juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan kulit tubuh dan wajah. Salah satu caranya adalah dengan melakukan mandi susu. Manfaat mandi susu untuk kulit sudah bukan hanya omong kosong belaka. Saat ini, sudah banyak salon-salon dan klinik kecantikan yang memberikan paket perawatan mandi susu sebagai salah satu penawarannya. Teknik perawatan kulit dengan mandi susu telah dikenal sejak zaman Mesir kuno, Cleopatra selalu menunjukkan kebiasaannya mandi air susu untuk menjaga kecantikan kulit tubuhnya. Seiring berkembangnya zaman yang semakin modern, saat ini telah banyak bermunculan produk kecantikan yang terbuat dari susu, mulai dari sabun mandi, sabun pencuci muka, pelembab, body lotion, bedak, tabir surya, dan produk kecantikan lainnya.

Mandi susu adalah aktivitas mandi atau berendam seperti biasa, tetapi bedanya ada campuran susu di dalam air bak mandi. Selain susu, bahan lain yang biasa ditambahkan di dalam air rendaman untuk mandi tersebut adalah kelopak bunga mawar, lemon, lavender, dan bahan lainnya. Mandi susu menjadi hal yang popular dan dipercaya banyak khasiatnya bagi kulit karena di dalam susu terdapat berbagai macam zat yang sangat bermanfaat untuk kulit. Zat yang dimaksud adalah vitamin A, asam amino, asam laktat, dan asam-asam beta hydroxy. Masing-masing kandungan tersebut memiliki khasiat masing-masing bagi kulit.

3

Berbagai kandungan nutrisi dan vitamin yang telah disebutkan di atas akan memberikan manfaat yang sangat baik bagi kulit. Adapun manfaat mandi susu untuk kulit adalah sebagai berikut.

  • Membersihkan kulit dengan cara mengangkat sel-se kulit yang telah mati sehingga mampu mencegah penuaan dini pada kulit Anda.
  • Menghaluskan kulit dan mencegah kulit bersisik karena di dalam susu terkandung asam laktik atau biasa dikenal dengan lactic acid.
  • Mencerahkan warna kulit dengan cara berendam dengan air hangat yang dicampur dengan susu setiap pagi dan sore hari, hasilnya kulit tidak akan lagi terlihat kusam dan hitam.
  • Menghilangkan stress pada kulit dan juga pikiran Anda karena mandi susu bisa dijadikan terapi untuk menghilangkan penat setelah beraktivitas seharian.
  • Menjaga kekenyalan kulit karena kandungan vitamin A.
  • Melembabkan dan melembutkan kulit karena kandungan asam laktat.
  • Selain baik untuk kulit, susu juga mampu menyehatkan kuku dan rambut karena kandungan asam amino esensial di dalamnya.

Susu yang biasa digunakan dalam mandi susu adalah susu sapi, atau biasanya juga menggunakan produk kemasan yang telah diberi aroa-aroma bunga atau buah yang menyegarkan. Selain manfaat susu, Anda juga bisa merelaksasi tubuh dan pikiran dengan berendam. Otot-otot tubuh yang tegang akan lemas kembali berkat rendaman air hangat dan manfaat dari susu, sedangkan pikiran akan kembali tenang dan rileks karena aroma menyegarkan dari air rendaman yang nantinya akan menyerap ke dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat mandi susu untuk kulit secara maksimal, usahakan berendam setidaknya minimal 15 menit setiap hari. Pijat perlahan kulit di seluruh bagian tubuh Anda. Pastikan semua bagian tubuh bisa terkena air susu, bahkan rambut karena air susu juga berkhasiat untuk rambut. Selamat mencoba.

Related Posts