Manfaat Buah Sukun dan Daunnya bagi Kesehatan

 Kesehatan

Tahukah Anda dengan tanaman atau pohon sukun? Pohon sukun adalah salah satu jenis pohon berbatang besar seperti pohon mangga. Pohon sukun banyak tersebar dan tumbuh di seluruh wilayah Indonesia. Pohon sukun memiliki buah yang dinamakan buah sukun. Manfaat buah sukun dan daunnya bagi kesehatan mungkin tak banyak diketahui orang karena pohon sukun jarang dijadikan sebagai tanaman popular. Buah sukun tak banyak dijual di pasaran karena lazimnya buah ini tidak diperjualbelikan, hanya dikonsumsi secara pribadi di rumah saja. Daun sukun juga tidak lazim dikonsumsi sebagai sayuran. Pengolahan daun sukun sebagai pengobatan tradisional pun tidak banyak dilakukan karena tak banyak yang tahu khasiatnya. Dari alasan minimnya pengetahuan masyarakat mengenai buah dan daun sukun, semoga ulasan yang diuraikan pembahasan kali ini bisa bermanfaat.



Sukun memiliki nama Latin Artocarpus Altilis yang termasuk dalam keluarga Moraceae. Secara fisik, buah sukun mirip dengan buah nangka dan durian, yakni memiliki kulit yang kasar, hanya saja duri pada kulitnya lebih tumpul dan halus dibandingkan buah nangka dan durian. Buah sukun memiliki daging yang sangat empuk dan manis. Daging inilah yang biasanya diolah untu dikonsumsi sebagai camilan. Daging buah sukun tidak bisa dikonsumsi secara langsung layaknya buah-buahan lainnya, harus dimasak terlebih dahulu, bisa direbus, digoreng, atau dibuat keripik. Daging buah sukun sangat bergetah sehingga tidak bisa langsung dikonsumsi tanpa diolah.




1

Daun sukun kini mulai dilirik juga karena mampu diolah menjadi obta-obatan tradisional. Daun sukun mampu mengobati berbagai macam penyakit kronis karena kandungan di dalamnya yang cukup banyak, yakni polifenol, asam hidrosionat, tannin, quercetin, dan artoindosionin. Sedangkan di dalam buah sukun juga terkandung beragam nutrisi dan vitamin yang sangat baik bagi tubuh, yakni karbohidrat, asam amino esensial, vitamin C, riboflavin, kalium, thiamin, natrium, kalsium, dan besi. Dari semua kandungan tersebut, berikut ini manfaat buah sukun dan daunnya bagi kesehatan.

  • Manfaat buah sukun
  • Melancarkan sistem pencernaan
  • Memperkuat tulang dan gigi
  • Mengatasi penyakit ginjal, liver, dan diabetes
  • Mengatasi penyakit diabetes
  • Menurunkan berat badan
  • Manfaat daun sukun
  • Menjaga kesehatan ginjal, pembuluh darah, dan jantung
  • Menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi
  • Mencegah penyakit diabetes
  • Mengatasi penyakit asam urat
  • Menurunkan kadar kolesterol di dalam darah
  • Mencegah inflamasi dan peradangan

Dari berbagai manfaat buah sukun dan daunnya bagi kesehatan yang telah dirinci dengan sangat jelas di atas, kita bisa menambah deretan panjang bahan alami untuk pengobatan herbal. daun sukun yang awalnya tak banyak diketahui manfaat dan kandungan gizinya, kini telah menjadi bagian dari salah satu pengobatan tradisional yang mulai banyak diminati masyarakat. Bagi Anda yang memiliki pohon sukun di rumah, bisa memanfaatkan setiap bagian dari pohon tersebut, tidak hanya buahny saja. Bahkan kulit buah sukun juga bisa dipakai sebagai bahan pengobatan, yakni mencairkan darah bagi wanita yang baru saja menjalani proses persalinan.

terima kasih udah mau berkunjung ke website kami semoga bisa menjadi insfirasi buat pembaca

Related Posts