Manfaat Buah Anggur Merah bagi Kesehatan

 Kesehatan

Anggur merupakan salah satu buah yang sangat popular di Indonesia. Variannya yang sangat banyak membuat penggemarny tidak cepat bosan dalam mengonsumsinya. Di Indonesia, varian anggur yang terkenal adalah anggur merah dan anggur hijau. Anggur merah menjadi buah yang banyak dijumpai di pasaran Indonesia.  Buah anggur dikenal memiliki rasa yang sangat manis dan menyegarkan karena mempunyai banyak kandungan air dan gula. Tingginya jumlah gula alami di dalam buah anggur membuatnya mudah untuk dicerna, baik oleh anak-anak maupun orang tua. Selain rasa yang nikmat dan menyegarkan, buah anggur digemari karena mengandung banyak sekali manfaat. Manfaat buah anggur merah bagi kesehatan sudah tidak perlu dipertanyakan lagi karena telah banyak dibuktikan penelitian para ahli.

Selain bisa dikonsumsi sebagai buah pencuci mulut, zaman dahulu anggur merah kerap kali dipakai sebagai bahan pengobatan tradisional. Hal tersebut karena anggur merah diyakini memiliki banyak manfaat dan kandungan gizi bila dibandingkan dengan buah anggur hijau. Kandungan kalori di anggu merah juga lebih rendah. Di dalam anggur merah terkandung flavonoid berupa wuercetin dan resveratrol. Flavonoid sendiri merupakan suatu senyawa polifenol yang memberikan warna merah cerah pada buah anggur merah. Zat inilah yang tidak terdapat pada buang anggur hijau. Buah anggur juga mengandung vitamin A, vitamin C, kalsium, yodium, mangan, kalium, seng, selenium, dan gula alami berupa dektrosa dan glukosa.

2

Dengan kandungan nutrisi dan vitamin yang cukup beragam tersebut, sangat tidak mengherankan bila manfaat buah anggur merah bagi kesehatan dipercaya banyak orang. Berikut ini adalah daftar manfaat yang bisa Anda dapatkan bila mengonsumsi anggur merah secara rutin dan teratur.

  • Mencegah diabetes mellitus atau kencing manis karena kandungan mangan mampu menjaga kestabilan gula darah.
  • Mencegah dan mengatasi insomnia karena di dalam anggur terdapat melatonin, yakni hormon yang berfungsi untuk membantu mengatur jam biologis tidur manusia.
  • Meningkatkan tingkat HDL (kolesterol baik) di dalam darah sehingga bisa untuk mencegah penyumbatan arteri dan menjaga kesehatan jantung Anda.
  • Mencegah pembentukan tumor di dalam tubuh karena kandungan resveratrol dalam jus anggur merah.
  • Menurunkan tekanan darah
  • Menurunkan berat badan dan memiliki sifat anti-penuaan untuk mencegah penuaan dini.
  • Mampu mencegah kelainan darah dan membersihkan darah dari kotoran dan racun.
  • Sebagai antibakteri dan antivirus karena kandungan zat saponin yang mampu menghindarkan tubuh dari berbagai infeksi.
  • Mampu melindungi jantung, mengurangi kolesterol, dan melindunginya dari pathogen seperti jamur dan bakteri karena kandungan revestrol (zat anti inflamasi) yang mampu memberikan antioksidan sehingga dapat melawan serangan radikal bebas.
  • Mengatasi penyakit hipertensi atau darah tinggi
  • Meningkatkan tingkat oksida nitrat di dalam tubuh sehingga mampu mengurangi pembekuan di dalam pembuluh darah.

Manfaat buah anggur merah bagi kesehatan yang telah dipaparkan di atas akan semakin menambah daftar alasan seseorang menyukai anggur merah. Sudah bukan rahasia lagi bahwa anggur merah memiliki rasa yang lezat bila dibandingkan dengan anggur varian lainnya. Tampilan yang menggoda, rasa yang enak, dan manfaat yang berlimpah menjadi alasan-alasan konkret anggur merah tepat dijadikan primadona buah yang sehat.

Related Posts