Pengertian Politik Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

      Membicarakan tentang politik pasti identik dengan kekuasaan, jabatan, pemerintahan dan lain sebagainya. Hingga Plato dan Aristoteles beranggapan bahwa politik adalah suatu usaha untuk tercapainya suatu masyarakat yang baik bahkan terbaik. Usaha yang menyangkut hal ini terdiri atas berbagai macam kegiatan diantaranya adalah proses penentuan tujuan dari sistem cara-cara untuk melaksanakan tujuan tertentu. Politik sendiri sangat berhubungan dengan ilmu lainnya seperti sejarah dan filsafat.  Dengan adanya ilmu-ilmu tersebut, dapat dijadikan sebagai acuan dari masa lalu atau pendapat-pendapat oleh para ahli untuk menangani suatu permasalahan secara rasional. Kata politik berasal dari bahasa Yunani “polis” yang berarti kota atau negara. Kata politik ini pertama kali digunakan oleh Aristoteles  yang awalnya bernama zoon politikon yang kemudian arti tersebut berkembang menjadi polites yang memiliki arti warganegara dan politeia yang berarti semua yang berhubungan dengan negara dan politika yang berarti pemerintahan negara. Dalam arti sempit dapat kita simpulkan bahwa politik adalah kegiatan yang berhubungan dengan negara. Itu adalah gambaran kecil dari arti politik, kita akan membahas pengertian politik menurut para ahli dan beberapa penjelasan lainnya tentang politik.

5

Yang kita tahu pengertian politik adalah kegiatan yang menyangkut cara bagaimana kelompok-kelompok yang kolektif dan mengikat melalui usaha untuk mendamaikan perbedaan-perbedaan diantara anggota-anggotanya. Setiap ahli memiliki pendapat juga pemikiran yang berbeda-beda mengenai definisi daro poltik. Maka, penjelasan tentang politik pun juga berbeda-beda tergantung dari pandangan ahli tersebut. Berikut adalah pengertian politik menurut para ahli, Johan Kaspar B berpendapat bahwa politik adalah ilmu yang memerhatikan masalah kenegaraan dengan memeprjuangkan pemahaman tentang negara dan keadaannya. sifat-sifat dasarnya dalam berbagai bentuk pembangunannya. Menurut F. Soltau politik ialah ilmu yang mempelajarari tujuan-tujuan negara dan lembaga-lembaga yang akan melaksanakan tujuan itu serta hubungan antar negara dengan warganegaranya atau dengan negara-negara lain. Sedangkan menurut Prof. Miriam Budiardjo politik adalah bermacam-macam kegiatan yang menyangkut penentuan tujuan-tujuan dan pelakVanaan tujuan itu sendiri. Menurut beliau politik membuat konsep-konsep pokok tentang negara (state), kekuasaan (power), pengambilan keputusan (decision maring), kebijaksanaan (policy of beleid) dan pembagian (distribution).

Diatas adalah penjelasan pengertian politik menurut para ahli, sehingga pengartian politik yang luas ialah proves pembentukkan serta pembagiaan kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain untuk pembuatan keputusan. Dalam arti kepentingan umumpolitik merupakan segala bentuk usaha baik yang berada dibawah kekuasaan negara di pusat maupun di daerah. Sedangkan pengertian dalam erti kebijaksanaan politik sendiri adalah penggunaan pertimbangan-pertimbangan yang dianggap lebih dapat menjamin terlaksananya suatu uvaha, cita-cita, keinginan atau keadaan yang kita kehendaki. Politik ini digunakan untuk menentukan kebijaksanaan-kebijasanaan umum apa saja yang menyangkut tentang peraturan dan mebagian dari sumber-sumber yang ada dan untuk melaksanakannya perlu kekuasaan yang berfungsi untuk membina kerjasama dan menyelesaikan koflik. Jadi, politik merupakan tindakan dari suatu kelompok atau individu mengenai suatu masalah dan masyarakat atau negara, politik disini berkaitan dengan hal-hal seperti negara, kekuasaan, pengambilan keputusan, kebijaksaan umum, dan distribusi kemakmuran.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :   pengertian pancasila , pengertian ekonomi , pengertian filsafat , pengertian politik , pengertian korupsi , pengertian belajar

Related Posts