Pengertian Likuiditas Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Likuiditas memang bukan istilah yang sering dibicarakan dalam situasi santai dan ringan. Istilah ini erat kaitannya dengan ilmu dan bidang ekonomi dan bisnis. sebenarnya apa likuiditas itu? Apa pula pendapat atau pengertian likuiditas menurut para ahli? Menurut KBBI (kamus Besar Bahasa Indonesia), likuiditas adalah posisi uang atau kas suatu perusahaan dan kemampuannya untuk memenuhi kewajiban yang jatuh tempo tepat pada waktunya; kemampuan untuk memenuhi kewajiban dalam membayar utang tepat pada waktunya. Pengertian lain mengenai likuiditas adalah sebagai berikut.

9

  • Likuiditas adalah kemampuan suatu perusahaan atau lembaga dalam memenuhi kewajiban jangka pendek.
  • Likuiditas adalah suatu tingkat kemampuan aktiva finansial yang berubah menjadi kas atau keadaan sebaliknya pada waktu yang dibutuhkan dan sesingkat-singkatnya dengan risiko menderita kerugian paling minimum.
  • Likuiditas adalah kemampuan individu atau perusahaan untuk memenuhi kewajiban ataupun utang yang harus secepatnya dibayar dengan harta miliknya.
  • Likuiditas adalah kemampuan untuk memenuhi segala kebutuhan dana dengan seceoat mungkin dan jumlah dana tertentu yang sesuai.

Likuiditas diukur dengan rasio aktiva lancar dibagi dengan kewajiban lancar. Ukuran likuiditas suatu perusahaan dikatakan sehat bila memiliki rasio lancar sebesar 100%. Rasio likuiditas adalah rasio yang menyatakan kemampuan suatu perusahaan untuk dapat memenuhi kewajibannya dalam jangka pendek. Jenis rasio likuiditas terdiri atas current ratio dan quick ratio. Current ratio adalah membandingkan total aktiva lancar dengan kewajiban lancar. Dalam current ratio terdapat current assets (pos-pos berusia satu tahun ke bawah atau siklus operasi usaha normal yang lebih besar) dan current liabilities (kewajiban membayar dalam satu tahun atau siklus operasi normal dalam usaha). Sedangkan quick ratio adalah membandingkan aktiva lancar dikurangi persediaan dengan kewajiban lancar.

Pada pengertian likuiditas menurut para ahli juga termuat fungsi dari lukuiditas itu sendiri. Fungsi-fungsi likuiditas yang dimaksud adalah sebagai berikut. Pertama, menjalankan transaksi bisnis sehari-hari. Kedua, untuk mengatasi kebutuhan dana pada saat yang mendesak. Ketiga, untuk memuaskan permintaan seseorang akan pinjaman dana. Dan keempat, untuk memberikan fleksibilitas dalam mencapai kesempatan investasi menarik yang menguntungkan. Keempat fungsi di atas membuat keberadaan likuiditas sangat diperlukan dalam sebuah perusahaan. Bahkan dalam perusahaan besar seperti perbankan terdapat istilah likuiditas bank yang dimaknai sebagai kemampuan bank untuk memenuhi kewajibannya dalam jangka waktu pendek. Dalam pengertian tersebut, apabila pihak bank tidak bisa memenuhi kebutuhan dana sesuai waktu yang ditentukan, akan muncul risiko likuiditas, yakni kerugian yang terjadi sebagai akibat dari kesenjangan antara sumber pendanaan jangka pendek dengan aktiva jangka panjang.

Selain fungsi, dalam pengertian likuiditas menurut para ahli, yang diungkapkan oleh Engle dan Lange, terdapat tiga  komponen likuiditas. Ketiga komponen tersebut adalah kerapatan, kedalaman, dan resiliensi. Kerapatan adalah perbedaan harga transaksi dari harga efisien (harga yang terjadi dalam konsisi ekuilibrium). Kedalaman adalah volume yang diperdagangkan pada tingkat harga tertentu. Resiliensi adalah kecepatan harga untuk kembali ke harga efisien setelah terjadinya penyimpangan harga. Masing-masing komponen likuiditas tersebut saling berkaitan untuk menjaga kestabilan ekonomi suatu perusahaan.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian tabungan , pengertian bimbingan konseling , pengertian biaya , pengertian visi , pengertian sekolah , pengertian etika bisnis , pengertian efektif , pengertian stratifikasi sosial , pengertian pertumbuhan , pengertian likuiditas , pengertian syair

Related Posts