Pengertian Pertumbuhan Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Istilah pertumbuhan selalu dikaitkan dengan perkembangan. Padahal sesungguhnya kedua istilah tersebut memiliki pengertian dan konsep yang berbeda, meski bisa berjalan secara bersamaan dalam kehidupan. Lalu, seperti apa pengertian pertumbuhan? Untuk lebih memahami konsep dan perbedaan pertumbuhan dengan perkembangan bisa dengan mengetahui pengertian pertumbuhan menurut para ahli. Pada dasarnya, pertumbuhan dan perkembangan sama-sama merupakan proses jasmani dan rohani yang tidak dapat dipisahkan. Namun, keduanya memiliki makna yang berbeda bila dilihat dari cara kita mengamati perubahan ukuran yang terjadi pada makhluk hidup.

Secara umum, pertumbuhan bisa dimaknai sebagai proses perubahan makhluk hidup secara jasmani yang terjadi sampai ia mencapai kematangan fisik yang bersifat kuantitatif, dan proses tersebut terjadi berbeda-beda pada setiap makhluk hidup. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pertumbuhan adalah suatu hal atau keadaan tumbuh, bisa berupa kemajuan. Sedangkan makna perkembangan secara umum adalah perubahan yang terjadi pada individu dan lebih bersifat rohaniah yang menjadikan individu tersebut menjadi unik dan berbeda dengan yang lainnya. Menurut KBBI, perkembangan adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan menjadi besar, luas, banyak, dan sebagainya.

88

Selain pengrtian di atas, definisi pertumbuhan juga diungkapkan oleh banyak ahli. Berikut ini adalah beberapa pengertian pertumbuhan menurut para ahli.

  • Menurut Wong, pertumbuhan adalah bertambahnya jumlah dan besarnya sel di seluruh tubuh secara kuantitatif dan bisa diukur.
  • Menurut Fiktor Ferdinand dan Moekti Ariwibowo, pertumbuhan adalah pertambahan volume, massa, tinggi, atau ukuran lainnya yang bisa dinyatakn dalam bilangan atau secara kuantitatif.
  • Menurut Mokhamad Ismail, pertumbuhan adalah peningkatan volume, massa, tinggi, dan panjang yang prosesnya dihasilkan dari pembelahan dan pembesaran sel, proses tersebut tidak dapat dikembalikan ke keadaan semula.
  • Menurut Diah Aryulina, pertumbuhan adalah suatu perubahan yang terjadi pada makhluk hidup yang mencakup pertambahan ukuran tubuh.
  • Menurut Kartono, pertumbuhan adalah perubahan secara fisik sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik yang berlangsung secara normal pada waktu tertentu.
  • Menurut Oman Karnmana, pertumbuhan adalah proses bertambahnya jumlah protoplasma sel pada suatu organisme yang disertai dengan pertambahan ukuraan, berat, dan jumlah sel yang bersifat tidak kembali pada keadaan sebelumnya.
  • Menurut Wismoady Wahono, pertumbuhan adalah proses yang meliputi pertambahan dalam jumlah dan ukuran, keluasan dan kedalaman, serta saling keterhubungan dan kompleksitas.
  • Menurut Mikrajuddi, pertumbuhan adalah perubahan biologis pada makhluk hidup berupa perubahan ukuran bersifat irreversible.
  • Menurut Crow and Crow, pertumbuhan adalah perubahan struktural dan fungsional dalam pembentukan seseorang secara jasmani mulai janin dalam kandungan, lahir, dan kemudian sampai dewasa.

Proses pertumbuhan pada dasarnya merupakan sebuah proses asosiasi, yakni terjadi perubahan secara bertahap karena pengaruh dari pengalaman melalui panca indera yang menimbulkan sensasi dalam keadaan batin seseorang. Demikian ulasan mengenai pengertian pertumbuhan menurut para ahli. Di dalamnya juga telah dijabarkan mengenai persamaan dan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan. Meski terlihat sama, tetapi keduanya adalah berbeda. Keduanya telah dikupas dalam pengertian-pengertian yang bisa ditelaah dan dipahami dengan sangat jelas.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian tabungan , pengertian bimbingan konseling , pengertian biaya , pengertian visi , pengertian sekolah , pengertian etika bisnis , pengertian efektif , pengertian stratifikasi sosial , pengertian pertumbuhan , pengertian likuiditas , pengertian syair

Related Posts