Pengertian Perpustakaan Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Di dalam dunia pendidikan, peran perpustakaan tidak bisa diremehkan dan akan terus dibutuhkan sampai kapanpun. Perpustaakn bukan hanya sebuah bangunan atau ruangan tempat menyimpan buku saja, melainkan sebagai gudangnya ilmu dan pengetahuan yang dikemas dalam paket-paket buku yang bisa dibaca dan dipelajari oleh siapapun. Pengertian perpustakaan menurut para ahli juga menekankan hal yang sama bahwa perpustakaan merupakan salah satu bagian penting dari sebuah sistem edukasi. Istilah perpustakaan sebenarnya berasal dari kata pustaka yang bermakna buku. Selanjutnya disebut dengan perpustakaan, yakni tempat kumpulan buku yang dihimpun dan diorganisasikan sebagai media belajar. Perpustakaan juga bisa diartikan sebaga sebuah ruang atau gedung yang difungsikan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya untuk dibaca bukan dijual.

Selain pengertian sesuai istilah di atas, pengertian perpustakaan bisa disampaikan secara luas,yakni sebagai salah satu unit kerja yang berupa tempat untuk mengatur, mengelola, menyimpan, dan mengumpulkan koleksi bahan pustaka secara sistematis untuk digunakan oleh pemakai sebagai sumber informasi dan sarana belajar. Pengertian perpustakaan menurut para ahli adalah sebagai berikut.

6

  • Menurut C. Larasati M Ilburga, perpustakaan adalah unit kerja berupa tempat menyimpan koleksi bahan pustaka yang diatur secara sistematis dengan cara tertentu untuk digunakan secara berkesinambungan sebagai sumber informasi.
  • Menurut Reitz, perpustakaan adalah koleksi buku atau bahan lainnya yang diorganisasikan dan dipelihara untuk keperluan membaca, konsultasi, belajar, dan meneliti yang dikelola oleh pustakawan dan staf terlatih dalam rangka menyediakan layanan untuk memenuhi kebutuhan pengguna.
  • Menurut Radom House, perpustakaan adalah suatu tempat, berupa sebuah ruangan atau gedung yang berisi buku dan bahan lain untuk bacaan, studi, ataupun rujukan.
  • Menurut P. Sumardji, perpustakaan adalah koleksi yang terdiri atas bahan-bahan tertulis, tercetak, maupun grafis lainnya seperti film, slide, piringan hitam, dan tape di dalam ruangan atau gedung yang diatur dan diorganisasikan dengan sistem tertentu agar dapat digunakan untuk keperluan studi, penelitian, pembacaan, dan lain sebagainya.
  • Menurut Darmono, perpustakaan adalah pusat sumber belajar dan informasi bagi penggunanya dengan fungsi sebagai tempat kumpulan buku yang dihimpun dan diorganisasikan sebagai media belajar siswa.
  • Menurut Ibnu Ahmad Saleh, perpustakaan adalah tempat pengumpulan pustaka yang diatur dan disusun dengan sistem tertentu sehingga sewaktu-waktu dapat ditemukan dengan mudah dan cepat saat diperlukan.
  • Menurut Wafford, perpustakaan adalah salah satu organisasi sumber belajar yang menyimpan, mengelola, dan memberikan layanan bahan pustaka kepada masyarakat

Di dalam pengertian perpustakaan menurut para ahli di atas, fungsi perputakaan juga diungkapkan secara tersirat. Kelengkapan fungsi perpustakaan adalah sebagai berikut. Perpustakaan memiliki beragam fungsi didasarkan di berbagai bidang dan segi, yakni fungsi informasi, fungsi pendidikan, fungsi kebudayaan, fungsi rekreasi, fungsi penelitian, dan fungsi deposit. Kesemua fungsi tersebut pada dasarnya merujuk pada satu hal yang sama, yakni informasi yang disimpan berupa bahan tercetak atau bahan terekam. Bidang-bidang yang terbagi-bagi tersebut menetukan jenis-jenis fungsi yang telah dijabarkan di atas. Perpustakaan memang memiliki banyak fungsi yang sangat diperlukan oleh masyarakat.

Related Posts