Pengertian Darah Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Sebagai salah satu cairan di dalam tubuh, darah memiliki banyak peranan penting bagi kehidupan makhluk hidup. Bahkan ada yang mengatakan bahwa seseorang yang sudah tidak memiliki darah berarti dia sudah tidak dapat dikatakan sebagai makhluk hidup. Begitu pentingnya keberadaan darah dalam tubuh membuat pengertian darah menurut para ahli adalah menjadi hal yang penting pula untuk diketahui. Dengan warna khas merah (meski tiap-tiap jenis darah memiliki warna yang agak berbeda tergantung oksigen di dalam tubuh), siapapun akan langsung mengenali saat melihat atau menciumnya. Darah memiliki bau khas yang anyir dan amis.

Istilah darah berasal dari bahasa Yunani hemo, hemato, atau haima yang bermakna darah. Secara sederhana, darah merupakan salah satu jaringan tubuh berupa cairan yang beredar dalam sistem tertutup. Secara lebih lengkap, darah adalah cairan yang ada di dalam tubuh makhluk hidup (selain tumbuhan) yang berfungsi mengirimkan zat-zat dan oksigen ke seluruh tubuh, mengangkut bahan-bahan kimia hasil metabolisme, dan mempertahankan tubuh dari virus atau bakteri. pengertian tersebut merujuk bahwa darah memang merupakan jaringan tubuh yang sangat penting dalam menjalan fungsinya sebagai peredaran zat-zat di dalam tubuh. Di dalam tubuh orang dewasa, normalnya ada sekitar 4,5 – 5,5 liter darah.

3

Dalam pengertian darah menurut para ahli disebutkan bahwa darah memiliki sistem peredaran yang tertutup, maksudnya adalah darah mengalir dalam pembuluh darah yang disirkulasikan oleh jantung. Jadi, peredaran darah di dalam tubuh kita tidak terlihat secara jelas, hanya bisa diamati secara samar melalui urat nadi atau pembuluh darah berupa otot di sekujur tubuh. Saat melihat darah secara langsung, kita akan menemukan cairan yang berwarna merah segar dan kental. Warna merah disebabkan oleh adanya senyawa merah yang tersuspensi di dalam sel-sel darah. Sedangkan kekentalan pada darah dipengaruhi oleh banyak sedikitnya senyawa yang memiliki berbagai macam berat molekul, dari molekul yang kecil sampa dengan yang besar seperti protein yang larut dalam darah.

Darah yang ada di dalam tubuh, khususnya manusia, memiliki beberapa bagian seperti yang disebutkan dalam pengertian darah menurut para ahli. Bagian-bagian yang dimaksud adalah plasma darah, eritrosit, leukosit, trombosit, dan hemoglobin. Masing-masing bagian darah tersebut akan dipaparkan sebagai berikut.

  1. Plasma darah adalah salah satu cairan di dalam darah sebagai tempat sel-sel darah terendam, berfungsi untuk mengankut sari-sari makanan, sisa metabolisme, dan hormon di tubuh.
  2. Eritrosit adalah sel darah merah yang memiliki fungsi untuk mengangkut oksigen (O2) dari paru-paru ke seluruh tubuh dan kembali ke paru-paru, demikian seterusnya.
  3. Leukosit atau biasa disebut dengan sel darah putih adalah bagian dalam darah yang memiliki ukuran yang lebih besar daripada eritrosit, mempunyaik inti berbentuk bulat atau cekung. Fungsinya adalah untuk memakan kuman penyakit atau zat asing lainnya yang masuk ke dalam tubuh.
  4. Trombosit adalah keping darah yang berfungsi untuk proses membekukan darah saat terjadi luka. Trombosit merupakan bagian darah yang mudah pecah bila terkena benda keras.
  5. Hemoglobin adalah bagian darah dengan pigmen berwarna kuning, tetapi menimbulkan efek warna merah pada darah. Hemoglobin mengandung besi dalam jumlah kecil yang sangat dibutuhkan bagi kesehatan karena memiliki daya tarik yang kuat terhadap oksigen.

Related Posts