Pengertian dan Fungsi Empedu

 Pengetahuan

Apa yang ada di pikiran pembaca ketika menyinggung kata empedu? Berbicara empedu, berarti kita menyinggung pelajaran biologi sewaktu kita duduk di bangku SMP. Mari kita membahas pelajaran biologi di masa lalu, agar kita mengingat kembali pengertian dan fungsi empedu yang ada di tubuh kita.

Dalam kamus bahasa Indonesia, empedu memiliki arti zat cair dengan warna hitam dan rasanya pahit, letaknya ada di dalam kandung kecil dan melekat di hati. Tidak berbeda jauh dengan pengertian empedu dalam kamus bahasa Indonesia, menurut ilmu pengetahuan alam, empedu berarti cairan bersifat basa dengan warna hijau kekuningan, warna dalam cairan ini terjadi karena adanya pigmen billirubin, biliverdin, dan urobilin yang di dapat dari sekresi hepatosit hati. Dalam tubuh, empedu di produksi dari sekresi hari melauli duktus hepatica ke cystic duct, kemudian disimpan dalam kandung empedu. Cairan empedu diproduksi dalam hati sekitar satu liter cairan empedu setiap harinya, cairan empedu ini disimpan dalam tempat yang dinamakan kandung empedu, Kandung empedu hanya mampu menampung sekitar 0,4 liter cairan empedu setiap harinya. Sisa cairan empedu yang tidak dapat ditampung dalam kandung empedu digunakan untuk membantu proses pencernaan. Melengkapi pembahasan pengertian dan fungsi empedu kali ini, penulis akan menjabarkan tentang fungsi empedu dalam tubuh. Empedu dalam tubuh memiliki fungsi sebagai berikut ;

5

  1. Empedu berfungsi sebagai tempat penampungan dalam proses pembuangan. Maksudnya adalah pigmen hasil pemecahan sel darah merah berupa hemoglobin akan diubah menjadi bilirubun dan dibuang ke dalam empedu
  2. Empedu berfungsi sebagai tempat pembuangan limbah tubuh
  3. Empedu berfungsi sebagai sekresi protein
  4. Empedu dalam bentuk garam (garam empedu) berfungsi sebagai untuk meningkatan kelarutan kolestrol, lemak, dan vitamin yang larut dalam lemak, sehingga membantu penyerapan dari usus.
  5. Dalam proses pencernaan, empedu yang memiliki sifat basa membantu menetralisir tingkat keasaman yang terkandung dalam makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Asam empedu dan garam empedu akan memecah lemak sehingga enzim pencernaan akan lebih mudah mengolahnya.

Bagaimana pembaca? Cukup jelas bukan pembahasan kali ini? Empedu memiliki fungsi yang bisa dibilang penting dalam metabolisme tubuh kita. Pembaca perlu tahu kerusakan pada bagian kandung empedu, menyebabkan kita menderita penyakit yang dinamakan batu empedu. Penyakit ini dapat terjadi jika terdapat jumlah kolestrol yang cukup banyak dengan asam empedu yang jumlahnya sangat sedikit, hal ini menyebabkan terjadinya pengkristalan kolestrol, sehingga terdapat gumpalan yang mengendap menjadi batu empedu di dalam kandung empedu. Batu empedu menyumbat saluran empedu sehingga efek panjang dari penderitanya adalah sakit kuning. Akibat lain penyumbatan dari batu empedu adalah cairan empedu menjadi sedikit yang berakibat langsung dalam proses pencernaan. Cukup mengerikan bukan pembaca? Semua ini jelas bisa di cegah bila kita mulai mengatur pola hidup dengan mengkonsumsi makanan sehat. Karena mengobati jelas lebih menguras dompet kita daripada, untuk itu kita lebih baik mencegah agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan di kehidupan yang akan dating.  Penulis akhiri pembahasan mengenai pengertian dan fungsi empedu kali ini semoga menambah wawasan bagi para pembaca.

Related Posts