Pengertian dan Fungsi Mikroskop

 Pengetahuan

Familiarkah anda dengan kata mikroskop? Jika disinggung pertanyaan mengenai pengertian dan fungsi mikroskop dapatkah anda menjawab pertanyaan tersebut dengan mudah? Simaklah pembahasan artikel kali ini, siapa tahu saja bisa anda jadikan referensi saat anda mencari ilmu tentang mikroskop.

Artikel kali ini diberi judul pengertian dan fungsi mikroskop. Dalam kamus lengkap bahasa Indonesia, mikroskop adalah alat yang digunakan untuk melihat benda yang kecil dan halus. Sedangkan menurut ilmu pengetahuan alam, mikroskop diartikan sebagai alat yang digunakan untuk melihat atau mengenali dan mengamati benda – benda kecil/ halus manjadi lebih besar dari aslinya. Mikroskop terdiri dari bagian – bagian, diantaranya

1

  • Bagian optic yang berfungsi untuk mempermudah penggunanya melihat objek yang akan di amati. Bagian optic terdiri dari lensa okuler (memperbesar bayangan objek), lensa objektif (berfungsi sama seperti lensa okuler), diafragma (mengatur intensitas cahaya yang masuk) dan reflector (memantulkan cahaya yang masuk dan mengenai lensa objektif).
  • Bagian non optic yang fungsinya berhubungan dengan kenyaman pengguna menggunakan mikroskop. Bagian non optic terdiri dari makrometer (menaikturunkan tubus mikroskop secara cepat agar diperoleh bayangan objek yang tepat), micrometer (mencari bayangan yang paling jelas), revolver (pemilihan lensa objektif yang dikehendaki), meja objek (peletakan objek yang akan diamati), dan klip (menjepit kaca objek yang akan diamati agar tidak tergeser – geser)

Mikroskop memiliki jenis yang cukup bervariasi, jenis mikroskop tersebut diataranya adalah :

  • Mikroskop cahaya yang mempunyau 1 lensa okuler (monocular) dan 2 lensa okuler (binocular)
  • Mikroskop streo merupakan mikroskop yang hanya bisa digunakan untuk benda yang relative besar dan terlihat secara tiga dimensi, sistem pembesaran pada mikroskop antara 7 hingga 30 kali.
  • Microskop electron, mempunyai pembesaran lebih besar dari mikroskop streo, yaitu mencapai 100 ribu kali. Tipe mikroskop ini adalah mikroskop elektroscanning (SEM) dan microskop electron transmisi (TEM)
  • Mikroskop digital, yang tersambung dengan sistem komputer sehingga pengamatan jauh lebih detail karena secara otomatis akan di dokumentasikan ke komputer
  • Mikroskop trinokuler, yang dapat disambungkan dengan perangkat kamera/ tv sehingga kegiatan pengamatan sebuah objek tidak lagi terpaku pada seorang peneliti

Setelah membahas mengenai pengertian, bagian dan jenis mikroskop, untuk menambah pemahaman pembaca mengenai pengertian dan fungsi mikroskop, penulis mengajak anda untuk sama – sama menjabarkan mengenai fungsi dari mikroskop. Beberapa fungsi mikroskop, diantaranya adalah :

  1. Sesuai dengan pengertiannya, mikroskop berfungsi sebagai alat bantu penglihatan kita terhadap benda – benda kecil yang tidak dapat terlihat oleh mata telanjang.
  2. Dengan mikroskop, kita dapat mengetahui apakah benda yang kita amati masih berkualitas baik atau malah sebaliknya.
  3. Sesuai dengan perkembangan jaman, semakin banyaknya jenis mikroskop semakin banyak juga manfaat yang di dapat, tidak hanya dalam ilmu penelitian tetapi dalam kehidupan sehari – hari juga

Sekian pembahasan pengertian dan fungsi mikroskop kali ini, semoga pembahasan kali ini memberikan manfaat, menambah wawasan, dan ilmu pengetahuan baru untuk anda yang membaca artikel ini.

Related Posts