Fungsi Tulang dan Otot

 Pengetahuan

Anda pasti tahu apa itu tulang dan apa itu orot. Tulang dan otot memang ada dan diperlukan dalam tubuh kita sebagai mahluk hidup. Tapi jika disinggung dengan pertanyaan yang berhubungan dengan fungsi tulang dan otot, dapatkah anda menjelaskannya dengan jawaban yang baik dan masuk akal? Untuk dapat menjelaskannya, simaklah pembahasan berikut!

Artikel kali ini dibuat dengan judul fungsi tulang dan otot, dengan tujuan agar anda tidak hanya mengetahui bagaian tubuh anda secara singkat tetapi juga secara detail. Sebelum masuk ke pembahasan fungsi tulang dan otot, kita berikan definisi terlebih dahulu tentang tulang dan otot. Tulang adalah diartikan sebagai bagian rangka mahluk hidup, sedangkan otot didefinisikan sebagai  bagaian tubuh manusia yang keras yang digunakan sebagai alat gerak aktif.

2

Tulang dalam tubuh mahluk hidup berfungsi sebagai :

  1. Tulang berfungsi sebagai alat gerak pasif
  2. Tulang berfungsi untuk melindungi bagian – bagian vital dalam tubuh manusia
  3. Tulang sebagai tempat melekatnya otot
  4. Tulang berfungsi sebagai tempat penyimpanan garam mineral
  5. Tulang berfungsi sebagai pemberi bentuk tubuh mahluk hidup
  6. Tulang berfungsi sebagai penegak dalam tubuh, tanpa tulang bisa dibayangkan, bagaimana tubuh besa berdiri tegak?

Sedangkan otot dalam tubuh mahluk hidup berfungsi sebagai :

  1. Otot berfungsi sebagai alat gerak pasif
  2. Otot berfungsi sebagai alat pertahanan terhadap sikap badan
  3. Otot berfungsi untuk menghasilkan panas

Fungsi tulang dan otot dalam mahluk hidup berkaitan erat satu sama lain, tulang tanpa otot atau otot tanpa tulang tidak akan memberikan kesempurnaan bagi tubuh mahluk hidup. Memiliki tulang tanpa otot sama saja seperti kita hidup tanpa makan, begitu juga sebaliknya. Gangguan pada tulang dan otot memiliki banyak dampak negatif bagi tubuh kita, yang akan dijelaskan dalam pembahasan fungsi tulang dan otot kali ini,  beberapa gangguan yang mungkin terjadi pada tulang dan otot, diantaranya adalah ;

  • Kejang otot, yang dapat terjadi apabila otot terus-menerus melakukan aktivitas sampai akhirnya tidak mampu lagi berkontraksi karena kehabisan energi.
  • Osteoporosis yang diartikan sebagai penurunan berat tulang karena osifikasi dan terjadi penghambatan reabsorpsi pada bahan tulang. Hal ini dapat disebabkan karena kelainan fungsi hormon parahormon.
  • Mikrosefalus yang diartikan sebagai pertumbuhan tulang tengkorak yang terhambat karena abnormalitas tirosin, hal ini menyebabkan ukuran kepala menjadi kecil.
  • Supertrofi, yang diartikan sebagai pembesaran volume otot karena otot setiap hari dilatih secara berlebihan.

Itulah beberapa gangguan yang dapat terjadi apabila kita tidak menjaga tulang dan otot kita dengan baik. Mulailah konsumsi makanan yang sehat, karena latar belakang datangnya suatu penyakit, salah satunya adalah karena pola makan yang tidak sehat. Semoga pembahasan fungsi tulang dan otot kali ini menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi anda yang membaca nya. Teruslah membaca jangan malas untuk mencari ilmu, karena apapun ilmu yang kita punya suatu saat akan menjadi bekal hidup kita, asalkan kita tidak menyalahgunakan ilmu yang kita miliki.

Related Posts