Heboh…Buah Aneh di Dunia

 Kesehatan

Membicarakan mengenai heboh…buah aneh di dunia memang tidak akan pernah ada habisnya. Ada berbagai macam buah di dunia ini dan jenis di masing-masing belahan dunia pastinya sangat berbeda. Hal tersebut dikarenakan iklim, cuaca, kontur tanah, dan kelembapan udara yang berbeda di setiap negara. Tak sedikit buah yang kita anggap biasa saja di Indonesia menjadi buah aneh dan langka bahkan tidak pernah ada di negara lain. Begitu pula sebaliknya, buah yang di suatu negara dianggap sebagai komoditas andalan malah tidak terdapat di Indonesia. Contohnya adalah buah durian, salak, dan rambutan. Ketiga buah ini sangat familiar di Indonesia, sangat mudah ditemui di pasaran ketika musimnya. Namun, siapa sangka buah-buahan tersebut justru menjadi sangat asing dan aneh di negara lainnya.

Buah durian merupakan buah andalan di Indonesia dan dikenal sebagai Raja Buah atau King of Fruit. Rasanya yang legit dan musiman membuat harga buah ini relatif mahal. Namun, di luar negeri seperti Eropa buah durian menjadi buah yang aneh dan dianggap menjijikkan karena baunya yang sangat menyengat sehingga bisa tercium dari jarak beberapa meter. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa buah ini memiliki aroma seperti kaos kaki busuk. Selanjutnya adalah salak, buah dengan bahasa Inggris snake fruit ini cukup popular di Indonesia. Dinamakan snake fruit karena kulit buah ini mirip sisik ular. Beberapa negara menjauhi buah ini karena kulitnya yang tajam ketika dikupas, tetapi buah ini sangat diminati di Indonesia dan bahkan diyakini mampu menyembuhkan diare atau mencret.

1

Buah ketiga yang dianggap sebagai heboh…buah aneh di dunia tetapi sangat familiar di Indonesia adalah buah rambutan. Buah berwarna merah dengan rambut di sekitarnya ini dianggap aneh karena bentunya yang unik tersebut. Tak sedikit orang luar negeri menganggap buah ini sebagai buah yang menjijikkan karena rambut di sekitarnya yang terlihat kotor dan geli ketika dipegang. Namun, mereka belum tahu bahwa buah ini memiliki daging putih mulus dengan rasa asam manis yang sangat menyegarkan karena tinggi kadar airnya. Meski begitu masih ada beberapa negara yang juga familiar dengan bauh ini, kebanyakan adalah negara di kawasan Asia, misal Taiwan dan Thailand.

Lalu, bagaimana dengan heboh…buah aneh di dunia yang tak ditemui di Indonesia.  Sebagai contohnya adalah buah kiwano, screw pine, dan tangan budha. Ketiga buah tersebut bukanlah buah yang lazim dikonsumsi dan ditemui di Indonesia. Buah kiwano adalah sejenis mentimun berwarna kuning pada kulitnya dan memiliki daging seperti markisa, tetapi berwarna hijau dan berlendir sehingga terlihat sangat menjijikkan. Buah ini berasal dari Selandia Baru. Selanjutnya adalah screw pine, buah ini berasal dari Maladewa dengan pohon seperti palem. Buahnya berwarna merah jingga dengan rasa daging yang manis dan menyegarkan. Buah aneh terakhir adalah tangan budha, disebut tangan budha karena buah ini memiliki semacam tentakel yang menyerupai jari-jari tangan. Buah ini biasanya dijadikan pengharum ruangan karena aromanya yang mirip jeruk sangat menyengat. Jari-jari buahnya biasa diolah menjadi salad atau campuran dalam memasak ikan.

Related Posts