Penyakit Ataksia, Penyebab, Tanda Ciri Gejala, Pencegahan, Dan Pengobatannya

 Kesehatan

Pernahkan anda mendengar tentang penyakit ataksia, jika memang belum maka tepat kiranya anda membaca artikel ini untuk menambah pengetahuan, penyakit ataksia, Penyebab, Tanda ciri gejala, pencegahan, dan pengobatannya. Penyakit ataksia adalah penyakit yang terjadi karena gangguan pada system saraf, terutama menyerang pada system pergerakan syaraf. Akibat yang ditimbulkan dari penyakit ini bagi penderita tidak akan dapat mengontrol pergerakan kaki dan tangannya, jika biasanya seseorang dapat berjalan dan memegang benda dengan baik dan benar maka ketika menderita penyakit ini akan kesulitan dalam berjalan, karena pengaruh gangguan pada syaraf pergerakan maka penderita juga susah dalam menyeimbangkan tubuh ketika berjalan, bahkan jika memegang bendapun tidah dapat mencengkram dengan kuat, karena kemampuan syaraf pada tangan juga akan terganggu. Selain itu hal yang di timbulkan lainnya adalah gangguan dalam hal menggerakkan mata, penderita akan sulit berkedip dan menggerakkan bola mata, penderita akan memiliki tatapan kosong, selain itu gangguan juga dapat terjadi pada saat penderita berbicara dan menelan makanan juga akan mengalami gangguan.

2

                Penyakit ataksia, penyebab, tanda ciri gejala, pencegahan, dan pengobatannya –Apa sebenarnya penyebab dari penyakit Ataksia? Ternyata ada beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan penyakit ini menghampiri tubuh kita, beberapa penyebab tersebut antara lain adalah : pernah terjadi cidera pada saraf tulang belakang maupun otak, terjadi keracunan akibat memakan obat-obatan tertentu, terjangkit penyakit yang menyerang system saraf pusat, terkena penyakit strok, terdapatnya tumor pada sel otak. Itulah beberapa pemicu terjadinya penyakit Ataksia, kembali lagi jika kita mau menjaga kesehatan tubuh kita maka hal-hal yang tidak diinginkan tidak akan menghinggap pada tubuh kita. Hal yang perlu di perhatikan adalah penyakit ini bersifat genetis atau turun temurun, sehingga apabila orang tua membawa penyakit ini maka buah hati berkemungkinan menderita penyakit ini pula.

Beberapa gejala lain yang dapat ditimbulkan dari penyakit ataksia adalah sebagai berikut

  1. Penderita akan mengalami kondisi keseimbangan tubuh yang menghilang
  2. Tidak dapat berjalan dengan tegak atau normal
  3. Mudah jatuh dengan tiba-tiba pada saat berjalan
  4. Terdapat beberapa masalah ketika melakukan gerakan-gerakan motorik
  5. Mata bergerak dengan tidak terkoordinasi
  6. Terjadi kesusahan atau gangguan pada saat menelan makanan maupun minuman
  7. Pada kondisi yang cukup parah penderita sudah tidak mampu lagi menggunakan kakinya untuk berjalan.

Itulah beberapa gejala yang dapat diperhatikan, ketika anda telah mengalami gejala-gejala tersebut maka sebaiknya segera memeriksakan diri agar penanganannyapun dapat dengan segera dilakukan. Biasanya pada penderita penyakit ini akan dilakukan beberapa terapi oleh tenaga ahli, terapi tersebut setidaknya meliputi tiga hal yaitu terapi yang bertujuan untuk meningkatkan kekuatan syaraf pergerakan, yang kedua terapi agar anda dapat melakukan aktifitas sehari-hari, dan yang terakhir terapi yang bertujuan mengembalikan kemampuan verbal. Inilah postingan tentang penyakit ataksia, Penyebab, tanda ciri gejala, pencegahan, dan pengobatannya. Semoga dapat dijadika rujukan atau sumber informasi yang membantu.

Related Posts