Fungsi Paru – Paru Pada Tubuh Manusia

 Pengetahuan

Pembaca pasti tahu kan, bernafas merupakan salah satu cirri mahluk hidup? Ya, tanpa membutuhkan ilmu khusus memang dengan mudah kita mengerti dan dapat menjawab  pertanyaan di atas. Tapi dengan berbekal ilmu dasar saja tidak cukup kita mengerti fungsi organ dalam tubuh kita. apa maksudnya? Kali ini penulis mengajak pembaca untuk membahas tentang fungsi paru – paru pada tubuh manusia. Pembaca pasti sudah tahu kan apa itu paru – paru? Ya, singkat dan mudahnya paru – paru adalah alat pernafasan di tubuh kita.

Pengertian singkat yang ada di atas bisa dibilang memiliki arti yang benar, karena dalam ilmu pengetahuan alam paru – paru berarti organ dalam tubuh pada system pernafasan (respirasi) yang berhubungan dengan system peredaran darah (sirkulasi) dalam tubuh. Apakah pernah terlintas di fikiran anda, apabila paru – paru yang ada dalam tubuh kita mengalami kerusakan, apa yang akan terjadi?  Fungsi paru – paru pada tubuh manusia bisa dibilang sangat vital, karena paru – paru berhubungan dengan system pernafasan kita, dan kita sebagai manusia tidak dapat bertahan lama jika tidak bernafas. Fungsi paru – paru pada tubuh manusia tidak hanya sebagai alat pernafasan, paru – paru menjalankan hal lain dengan melaksanakan tugas utamanya. Penulis akan memberikan penjelasan tentang fungsi paru – paru pada tubuh manusia, fungsi tersebut diantaranya adalah :

10

  1. Fungsi utama paru – paru adalah sebagai alat respirasi, hal ini berkaitan dengan tugas utama paru – paru sebagai alat pernafasan.
  2. Manusia mengeluarkan gas karbon dioksida juga uap air saat melakukan proses respirasi, ini berarti paru – paru berfungsi sebagai alat ekskresi
  3. Paru – paru dijadikan lapisan untuk melindungi hati dari guncangan – guncangan yang ada
  4. Paru – paru berkaitan dengan system pertahanan tubuh. Apa maksudnya? Udara yang kita hirup mengandung partikel debu dan bakteri, partikel debu dan bakteri yang tidak tersaring di dalam hidung terperangkap dalam lapisan lender pada permukaan mukosa saluran pernafasan kemudian naik menuju faring ke atas permikaan silia
  5. Paru – paru berfungsi sebagai reservoir darah. Dalam kamus bahasa Indonesia reservoir adalah tempat penyimpanan cadangan barang, jika dikaitkan dalam ilmu pengetahuan alam, reservoir darah bisa diartikan sebagai tempat penyimpanan cadangan darah. Apa fungsinya? Saat seseorang kehilangan dari dari proses sirkulasi sistematik karena perdarahan, sebagian dapat dikompensasi (diganti) oleh darah dari paru – paru ke dalam pembulu sistematik.
  6. Paru – paru menyediakan aliran udara untuk menciptakan suara vocal pada manusia
  7. Paru – paru menyaring gumpalan darah yang terbentuk dalam vena
  8. Paru – paru juga berfungsi sebagai pengendali derajat keasamaan (pH) dengan memanfaatkan karbondioksida yang dihasilkan dari proses respirasi. mengapa? karena dalam darah terdapat penyangga pH yang salah satunya adalah bikarbonat. bikarbonat berada dalam kesetimbangan dengan karbondioksida, saat lebih banyak asam yang masuk ke aliran darah, maka dihasilkan bikarbonat yang banyak dengan sedikit karbondioksida, dan jika Suasana basa yang terjadi berarti bikarbonat yang dihasilkan sedikit dengan banyak karbondioksida.

Bagaimana pembaca? Artikel fungsi paru – paru pada tubuh manusia kali ini menambah wawasan bukan? Paru – paru tidak hanya sebagai alat pernafasan tetapi memiliki banyak fungsi lain yang berkaitan dengan system dalam tubuh manusia. Bisa dibayangkan bukan jika paru – paru kita rusak? Bukan hanya system pernafasan yang terganggu tetapi banyak system dalam tubuh yang akan terganggu sehingga menimbulkan bahaya di kemudia hari.

Related Posts