Pengertian dan Fungsi Monitor

 Pengetahuan

Komputer dikatakan sebagai kebutuhan primer bagi seseorang di masa sekarang. Hal ini dikarenakan komputer memiliki banyak fungsi yang salah satunya sebagai sumber pencaharian bagi sebagaian orang. Dalam menjalankan fungsinya komputer dilengkapai dengan bantuan monitor. Monitor memang bukan kata yang terbilang asing di telinga masyarakat, tetapi banyak orang yang belum mengetahui tentang pengertian dan fungsi monitor.

Apa itu monitor? Simaklah pembahasan kali ini, agar anda dapat mendefinisikan secara benar tentang pengertian dan fungsi monitor. Monitor di kalangan masyarakat diartikan sebagai layar tampilan yang ada pada monitor. Monitor memiliki arti sebagai display adapator, digunakan sebagai alat output yang menampilkan informasi yang sedang diproses pada komputer, proses yang dimaksud adalah proses yang dilakukan oleh kartu video (video card) komputer. Kartu video mengubah informasi biner menjadi gambar, gambar di tampilkan ke monitor yang telah terhubung secara langsung. Resolusi yang ada dalam monitor diatur agar tidak merusak mata penggunanya. Resolusi yang biasanya dimiliki monitor adalah 1024 x 768 pixel. Banyak jenis monitor, diantaranya adalah LCD dan LED, meskipun begitu tetap saja mereka menjalankan tugas yang sama dan memiliki fungsi yang sama, tidak terdapat perbedaan yang signifikan, perbedaannya hanya terletak pada ukuran, ketajaman gambar yang ditawarkan di masing masing jenisnya, dan karakteristik lain yang tidak berhubungan dengan fungsi dari monitor itu sendiri. Dalam komputer, monitor digunakan sebagai penampilan gambar pada program yang sedang di proses, oleh karena itu tanpa monitor, komputer sangat sulit bahkan sama sekali tidak bisa digunakan, karena keduanya saling berhubungan satu sama lain. Bagaimana? Sudah pahamkah anda mengenai pengertian monitor?

5

Dalam menjalankan tugasnya, tidak mungkin suatu perangkat dipasang tanpa adanya suatu fungsi dalam perangkat tersebut. Begitu juga dengan monitor, monitor tidak hanya berfungi sebagai penampil gambar dalam komputer, banyak fungsi lain yang mungkin tidak anda ketahui. Apa saja fungsi monitor? Pada pembahasan pengertian dan fungsi monitor kali ini akan penulis jabarkan secara rinci agar anda semakin paham. Fungsi monitor secara umum diantaranya adalah;

1. Monitor berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, yang akan menghasilkan gambar setelah melalui beberapa proses
2. Monitor digunakan sebagai penampil gambar, sehingga dengan mudah kita dapat melihat proses yang sedang berjalan, dan menjalankan program sesuai dengan keinginan kita. Bisa dibayangkan jika kita menjalankan suatu program tanpa adanya monitor? Jelas semua itu tidak akan bisa terselesaikan.
3. Monitor berfungsi sebagai output dari memori CPU berupa biner
Sudahkah anda mengerti tentang pengertian dan fungsi monitor? Kehidupan di masa sekarang memang tidak terlepas dari kata komputer, hampir seluruh aktifitas dalam hidup membutuhkan komputer. Mulai dari menuntut ilmu, sampai bekerja semua aktifitas tersebut dipermudah dengan keberadaan komputer. Komputer tanpa monitor sama sama saja seperti orang yang lumpuh, dapat menjalankan program tetapi tidak di ketahui apa yang sedang dijalankan. Sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat bagi yang membacanya.

Related Posts