Pengertian Fungsi Menurut Para Ahli Adalah

 Pengetahuan

Dalam ilmu Matematika terdapat istilah fungsi. Yang dimaksud fungsi disini bukanlah persamaan dari kegunaan, tetapi berupa istilah mengenai suatu hitungan dalam ilmu matematika. Pengertian fungsi menurut para ahli adalah yang diungkapkan para pakar Matematika bisa menjadi referensi pembelajaran yang tepat bagi Anda yang ingin mengetahui lebih mendalam mengenai fungsi ini. Konsep mengenai fungsi terdapat hampir di setiap cabang ilmu Matematika sehingga fungsi dianggap hal yang sangat penting dan banyak kegunaannya. Fungsi dalam Matematika berhubungan dengan relaso dan himpunan, maka biasanya sebelum mempelajari mengenai fungsi dimulai terlebih dahulu dengan relasi.

Fungsi adalah pemetaan setiap anggota dalam sebuah himpunan atau domain kepada anggota himpunan lain yang disebut dengan kodomain. Pengertian lain menyatakan bahwa fungsi adalah suatu realsi atau hubungan yang menghubungkan setiap anggota x dalam suatu himpunan yang disebut domain dengan suatu nilai tunggal dari himpunan kedua atau kodomain. Dari proses tersebut diperoleh himpunan nilai yang disebut dengan hasil atau range. Dalam suatu fungsi, himpunan yang dipetakan bisa berupa kata, orang, benda, atau objek lainnya. Namun, jika kita berbicara fungsi dalam ilmu Matematika materi yang dibahas biasanya berupa bilangan riil.

1

Berdasarkan pengertian fungsi menurut para ahli, ada beberapa istilah penting yang berhubungan dengan fungsi tersebut. Istilah-istilah yang dimaksud adalah domain, kodomain, dan range. Domain adalah daerah asal fungsi, biasa dilambangkan dengan Df. Kodomain adalah daerah kawan fungsi, biasa dilambangkan dengan Kf. Range adalah daerah hasil yang merupakan himpunan bagian dari kodomain, biasa dilambangkan dengan Rf. Ketiga istilah tersebut akan selalu muncul saat mempelajari mengenai fungsi. Kita harus memahami ketiganya secara jelas agar bisa menerapkan fungsi dengan benar karena fungsi membutuhkan ketelitian dan kecermatan dalam memahaminya.

Fungsi memiliki sifat-sifat yang melekat padanya. Sifat-sifat tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Fungsi injektif atau disebut juga dengan fungsi satu-satu.
  2. Fungsi surjektif atau fungsi onto
  3. Fungsi bijektif atau fungsi korespondensi satu-satu

Selain sifat-sifat fungsi, ada pula jenis-jenis dari fungsi, yakni.

  1. Fungsi Konstan adalah fungsi yang jika dan hanya jika jangkauan dari f hanya terdiri atas satu anggota.
  2. Fungsi Identitas adalah fungsi yang jika dan hanya jika range f sama dengan kodomain.
  3. Fungsi Linear adalah fungsi pada bilangan real yang didefinisikan f(x) = ax + b, a dan b konstan dengan a tidak sama dengan 0.
  4. Fungsi Kuadrat adalah R yang ditentukan oleh rumum f(x) = ax2 +bx + c dengan a, b, dan c € R dan

a = 0

  1. Fungsi Rasional

Demikian ulasan mengenai pengertian fungsi menurut para ahli. Sekali lagi yang perlu ditekankan adalah pengertian fungsi di sini berkaitan dengan ilmu Matematika, bukan fungsi dalam pengertian sehari-hari. Tentunya kedua hal tersebut sangatlah berbeda dipandang dari sudut manapun. Fungsi dalam ilmu Matematika memang tidak mudah untuk dipelajari karena membutuhkan kecermatan, ketelitian, dan kemahiran dalam berhitung. Namun, jika sudah memahami konsepnya akan lebih mudah untuk selanjutnya.

Related Posts