Pengertian Bakteri Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Apa yang Anda pikirkan saat mendengar kata bakteri? Kotor, kuman, penyakit, tidak sehat, dan hal-hal sejenis lainnya? kenyataannya, bakteri tidak selalu berhubungan dengan kesehatan yang buruk. Pengertian bakteri menurut para ahli membahas segala hal mengenai bakteri dengan lebih rinci dan dipandang dari berbagai ilmu. Dengan lebih dalam mempelajari hal tersebut akan membuat kita sedikit demi sedikit menghilangkan mindset bahwa bakteri selalu negatif dan merugikan. Karena pada dasarnya bakteri memberikan peran yang sangat penting bagi kehidupan seluruh organisme di muka bumi ini, tak hanya bagi manusia.

Bakteri berasal dari bahasa Yunani bacterium yang bermakna tongkat atau batang. Bakteri saat ini dikenal sebagai kelompok organisme yang tidak mempunyai membran inti sel. Makhluk ini termasuk dalam golongan prokariota dengan ukuran sangat kecil, tetapi memiliki peranan yang sangat besar dalam kehidupan di bumi. Tak sedikit bakteri yang bisa dimanfaatkan di bidang kesehatan, industri, pangan, dan bidang lainnya. Secara lebih lengkap, bakteri disebut sebagai organisme dengan jumlah terbanyak dan tersebar luas bila dibandingkan dengan makhluk lainnya. dikatakan terbanyak karena bakteri mempunyai ratusan ribu spesies yang hidup di berbagai kondisi, seperti es, laut, salju, atau gurun pasir. Para pakar banyak yang meneliti mengenai bakteri karena memang spesies dan perannya yang sangat banyak. Ilmu yang mempelajari mengenai bakteri disebut dengan bakteriologi.

7

Sebagai salah satu bahan penelitian dalam pengertian bakteri menurut para ahli, ada banyak sekali hal menarik yang bisa dikupas dari organisme satu ini, salah satunya adalah mengenai alat geraknya. Sebagian besar spesies bakteri bergerak menggunakan flagel, sedangkan yang tidak memiliki alat gerak hanya bisa mengikuti pergerakan media pertumbuhan atau lingkungannya. Berdasarkan tempat dan jumlah flagel, bakteri dapat dibagi menjadi lima golongan, yakni atrik (tidak memiliki flagel), monotrik (berflagel satu pada salah satu ujungnya), lofotrik (memiliki sejumlah flagel pada salah satu ujungnya), amfitrik (memiliki satu flagel pada kedua ujungnya, dan peritrik memiliki flagel pad seluruh permukaan tubuhnya.

Selain penggolongan di atas, bakteri masih bisa digolongkan lagi menjadi beberapa jenis. Berdasarkan cara mendapatkan makanan, dibagi menjadi bakteri heterotrof dan bakter autotrof. Bakteri heterotrof, makanannya berupa senyawa organik dari organisme lainnya. Sedangkan bakteri autrotrof mampu membuat makanan sendiri. Berdasarkan cara mendaoatkan oksigen, dibagi menjadi bakteri aerob dan bakteri anaerob. Bakteri aerob membutuhkan oksigen bebad untuk mendapatkan energinya, sedangkan bakteri anaerob tidak membutuhkan oksigen bebas, energi didapatkan dari proses perombakan senyawa organik tanpa menggunakan oksigen yang disebut dengan fermentasi.

Di dalam pengertian bakteri menurut para ahli telah disebutkan bahwa bakteri memiliki peranan sangat penting bagi kehidupan di muka bumi. Apa peranan tersebut? Bakteri memiliki peranan bagi kehidupan, baik berperan secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung bisa kita ketahui dari peran bakteri yang ada di dalam usus manusia yang membantu penguraian dan penyerapan giz makanan. Peranan tidak langsung bisa dilihat dari manfaat bakteri untuk proses industri makanan dan minuman, salah satunya untuk proses fermentasi atau pasteurisasi. Tentu saja bakteri juga bisa memberikan kerugian bila berupa penyakit. Namun, terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, bakteri tetaplah suatu makhluk hidup yang keberadaannya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan makhluk hidup yang lain.

Related Posts