Pengertian Website Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Perkembangan dunia internet saat ini sangatlah pesat. Tak sedikit orang yang menghabiskan waktu dan uangnya untuk menjelajahi dunia maya. Tak sedikit pula yang memanfaatkan internet untuk pekerjaan, usaha, dan bisnis. Berbagai istilah yang berhubungan dengan internet seolah telah menjadi kata-kata umum yang tak lagi tabu untuk diperbincangkat, salah satunya adalah website. Pengertian website menurut para ahli pun semakin banyak dicari untuk lebih memahami konsep istilah tersebut. Website merupakan salah satu layanan yang ditawarkan dalam dunia internet, berupa homepage (halaman awal sebuah domain). Pengertian lain menyebutkan bahwa website adalah halaman situs sistem informasi yang dapat diakses secara tepat.

                Website bisa juga disebut dengan situs. Pengertian website menurut para ahli mungkin tak akan jauh berbeda, meskipun sangatlah beragam. Website merupakan kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi berupa teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semua media tersebut yang membentu satu rangkaian yang saling terkait dan dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Website dapat menyediakan informasi bagi pemakai komputer yang terhubung dengan sistem internet. Informasi yang diberikan bisa berupa informasi penting, kurang penting, bahkan informasi tidak penting yang bisa menjerumuskan kepada hal-hal yang buruk. Untuk itu, sebaiknya kita bisa menyeleksi website yang patut dan tidak patut kita akses dalam berinternet.

3

                Berkembangnya dunia internet juga membuat bermunculan para pakar yang membahasnya. Berikut ini adalah beberapa pengertian website menurut para ahli yang bisa kita pelajari.

  • Menurut Yuhefizar, website adalah keseluruhan halaman – halaman web yang terdapat dalam sebuah domain yang mengandung informasi.
  • Menurut Wahana Komputer, website merupakan suatu media yang memungkinkan informasi yang anda masukkan dapat dibaca atau diterima oleh orang lain. Website merupakan sebuah halaman berisi informasi yang dapat dilihat jika komputer anda terkoneksi dengan internet.
  • Menurut Sukarno & Hianoto, website adalah aset seperti halnya rumah, dan saat ini mulai lumrah diperjualbelikan.
  • Menurut Jasmadi, website merupakan sebuah kumpulan halaman – halaman web beserta file – file pendukungnya, seperti file gambar, video, dan file digital lainnya yang diletakkan (di-host) di sebuah web server yang umumnya dapat diakses melalui internet.
  • Menurut Ali Zaki & Smitdev Community, website adalah kumpulan dari halaman web yang terdapat pada satu domain, yang terdiri dari dua atau lebih halaman web.
  • Menurut Jasmadi & E-Media Solusindo, website merupakan sebuah situs web yang di-hosting di server web dan dapat diakses dari browser menggunakan nama domain tertentu.
  • Menurut Dedik Kurniawan, website merupakan senjata utama yang digunakan untuk melakukan bisnis online dan mendapatkan penghasilan dari internet.
  • Menurut Dede Ariyanto, website adalah situs yang dapat diakses dan dilihat oleh para pengguna internet.

Pengertian-pengertian website di atas bisa kita jadikan ilmu baru agar lebih memahami dan memanfaatkan keberadaan internet dengan lebih baik. Perlu diperhatikan bahwa tidak semua website memberikan informasi yang baik. Ketelitian dan kehati-hatian kita sebagai pengguna sangat diperlukan dalam hal ini. Tak sedikit tindak kriminalitas terjadi melalui website yang Anda akses.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian energi , pengertian sosialisasi , pengertian hardware , pengertian website , pengertian hubungan internasional , pengertian wirausaha , pengertian pembelajaran , pengertian iman , pengertian nilai , pengertian pers , pengertian sepak bola

Related Posts