Pengertian Firewall Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Pernahkah Anda mendengar istilah firewall? Apa itu firewall? Apa pula pengertian firewall menurut para ahli? Firewall merupakan sebuah istilah yang berhubungan dengan komputer dan internet. Firewall tak bisa dilepaskan dari internet karena memang benda ini menempel erat pada jaringan internet. Secara singkat, firewall adalah suatu metode yang digunakan untuk melindungi sistem internet. Fungsinya adalah untuk memonitor paket data yang masuk dan keluar dari jaringan internet tersebut. Firewall membantu pengguna untuk menangkis serangan hacker, virus, dan worm yang berusaha masuk ke dalam sistem komputer melalui internet. Jadi, dapat disimpulkan secara sederhana bahwa firewall merupakan sebuah sistem yang memberikan otorisasi pada lalu lintas jaringan komputer yang dianggap aman untuk dilaluinya dan melakukan pencegahan pada jaringan yang dianggap tidak terlalu aman.

Perlindungan yang diberikan firewall bisa berupa software (perangkat lunak) atau hardware (perangkat keras). Untuk firewall yang berbentuk software umumnya diinstal pada komputer dan kemudian ia akan menganalisis paket data dan mempelajari sumber paket data tersebut. Firewall juga mampu memblokir paket data dari alamat tertentu, memblokir pertukaran data antar-PC, mencegah penggunaan protokol tertentu, dan menolak paket data yang dianggap mencurigakan. Perangkat ini sangat penting dan tentunya sangat diperlukan bagi pengguna internet karena bisa bertindak sebagai gerbang keamanan antara jaringan komputer internal dan jaringan komputer eksternal.

3

Pengertian firewall menurut para ahli menekankan kegunaan firewall dan hal-hal yang dapat dilakukannya dalam pengamanan komputer yang berkaitan dengan jaringan internet. Hal-hal yang dapat dilakukan firewall adalah sebagai berikut. Pertama, mengatur dan mengontrol lalu lintas jaringan. Kedua, melakukan autentifikasi pada akses-akses jaringan. Ketiga, melindungi sumber daya dalam jaringan privat atau pribadi. Dan keempat, mencatat semua kejadian atau peristiwa lalu melaporkannya kepada administrator. Keempat hal tersebut menjadi keunggulan dari firewall yang jelas-jelas akan menjadi keuntungan bagi penggunanya. Hal-hal tersebut mampu dilakukan oleh semua jenis firewall, baik yang berupa software maupun hardware.

Sampai saat ini, bentuk paling umum dan popular dari firewall adalah berupa proxy server. Fungsinya bertindak sebagai perantara komputer intranet dengan komputer internet, caranya menerima dan memblokir paket data secara selektif di antar jaringan. Sistem ini juga menyediakan keamanan yang ekstra dengan menyembunyikan alamat LAN internal dari luar internet. Dengan begitu, permintaan jaringan dari berbagai klien akan sama, baik yang tampil maupun permintaan dari luar jaringan, yang datang dari alamat proxy server yang sama.

Firewall mempunyai berbagai macam peraturan yang bisa ditmbahkan atau dihapus untuk menolak jaringan tertentu. Pengguna bisa mengaturnya sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya. Bila ada alamat IP tertentu yang tidak ingin diakses atau malah hanya ingin mengakses IP tersebut, firewall bisa membantu Anda mewujudkan keinginan tersebut. Bagaimana? Sudah pahamkah Anda dengan ulasan mengenai pengertian firewall menurut para ahli di atas? Semoga bisa memberikan tambahan wawasan dan membuat Anda mengikuti perkembangan dunia teknologi dan internet yang semakin hari semakin berkembang dengan pesatnya.

Related Posts