Pengertian Handphone Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Teknologi komunikasi semakin berkembang dan semakin canggih. Dimulai dari penggunaan HT (handie talkie), pager, telepon rumah, hingga saat ini muncul handphone dengan berbagai macam versi, dari yang biasa hingga yang berlabel smartphone. Handphone menjadi barang yang telah dimiliki oleh semua kalangan masyarakat. Jika dulu handphone dianggap sebagai barang elektronik yang mewah, kini keberadaannya sudah tak sulit lagi untuk didapat karena harganya yang semakin murah. Pengertian handphone menurut para ahli juga telah banyak bermunculan seiring dengan semakin menjamurnya produksi dan pengguna handphone.

Handphone disebut juga dengan telepon seluler (ponsel) atau telepon genggam (telgam) merupakan sebuah perangkat komunikasi elektronik yang memiliki kemampuan dasar sama dengan telepon konvensional saluran tetap, tetapi bersifat portable atau mobile (dapat dibawa kemana-mana) sehingga tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon kabel. Sampai saat ini di Indonesia sudah terdapat dua jenis jaringan nirkabel atau wireless untuk telepon selular, yakni GSM (Global System for Mobile Telecommunications) dan CDMA (Code Division Multiple Acces). Kegunaan ponsel sangatlah beragam, tidak hanya untuk melakukan panggilan saja, melainkan sekarang sudah berkembang bisa digunakan untuk melakukan pengiriman dan penerimaan pesan singkat atau SMS (short message service). Semakin berkembang handphone semakin dilengkapi dengan berbagai kecanggihan fitur yang menarik dan membuat penggunanya bertambah pesat, yakni menangkap siaran radio dan televisi, pemutar video dan audio, kamera, game, dan sekarang semakin diperlengkap dengan jaringan internet.

4

Dalam pengertian handphone menurut para ahli, dikupas pula mengenai sejarah munculnya handphone. Teknologi telekomunikasi ini pertama kali muncul pada tahun 1973 diciptakan oleh Martin Cooper, seorang pegawai Motorola. Cooper berpikir untuk membuat suatu alat komunikasi yang kecil dan mudah dibawa kemana-mana. Bersama dengan timnya, Cooper terus melakukan produksi dan penelitian bagaimana caranya membuat alat komunikasi dengan ukuran yang relatif kecil. Akhirnya handphone pertama muncul dengan berat 2 kg dan seharga 36 juta rupiah resmi diluncurkan di pasaran. Setelah itu handphone terus berkembang dan mengalami banyak perubahan, baik dari segi fitur maupun fisiknya. Salah satu perkembangannya dengan kemunculan teknologi switching yang ditemukan oleh Amos E. Joel Jr. Penemuan ini memungkinkan pengguna tetap bisa memakai handphone meski berada pada sel yang berbeda sehingga membuatnya menjadi nyaman.

Pengertian handphone menurut para ahli – Handphone memiliki berbagai macam jenis sesuai dengan fungsinya. Perusahaan produsen handphone memang merancang hal tersebut untuk meningkatkan rasa nyaman dalam menggunakannya. Jenis-jenis handphone tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Handphone bisnis

Handphone ini memang dibuat untuk mereka yang berkecimpung dalam dunia bisnis. biasanya dilengkapi dengan fitur-fitur untuk kelancaran bisnis mereka, misalnya bursa saham, kisaran investasi, harga emas, dan lain sebagainya.

  1. Handphone hiburan

Hiburan yang tersedia di dalam handphone jenis ini biasanya terdapat dalam aplikasi multimedia. Macam hiburan yang ditawarkan bisa berupa game, animas, gambar, video, audio, kamera, dan jaringan internet untuk berkoneksi langsung dengan jejaring sosial.

  1. Handphone fashion

Handphone jenis satu ini bukan menonjolkan fitur yang ada di dalamnya seperti handphone bisnis dan hiburan, melainkan lebih menampilkan bentuk dan model yang bagus dan elegan. Namun, bukan berarti handpho jenis ini tidak canggih karena biasanya selalu diimbangi pula dengan fitur-fitur menarik di dalamnya.

Related Posts