Penyakit Polip Hidung, Penyebab, Tanda Ciri Gejala, Pencegahan, Dan Cara Pengobatannya

 Kesehatan

 Penyakit polip adalah penyakit yang menyerang rongga hidung seseorang, penyakit ini memiliki rasa yang sangat nyeri dan tempatnya di dalam hidung, rasa nyeri tersebut di akibatkan oleh daging yang tumbuh dalam hidung dan lama kelamaan semakin membesar dan akhirnya menekan hidung, itulah yang menyebabkan hidung terasa nyeri dan menimbulkan rasa sakit kepala yang luar biasa, hal lain yang dapat diakibatkan oleh penyakit polip adalah sesak nafas yang akan dialami oleh penderita penyakit ini, selain itu penderita juga akan mengalami gangguan dalam indra penciumannya, sehingga akan kesulitan dalam membedakan bau atau aroma suatu baenda. Tentunya kita semua tidak ingin menderita penyakit polip ini, karena itu mri kita ketahui lebih banyak mengenai apa itu penyakit polip hidung, penyebab, tanda ciri gejala, pencegahan, dan cara pengobatannya.

2

                Penyakit polip hidung, penyebab, tanda ciri gejala, pencegahan, dan cara pengobatannya –Bagi penderita penyakit polip dan sedang mengalami kesusahan dalam bernafas, atau terjadi gangguan dalam pernapasan maka ada beberapa hal yang dapat di lakukan agar penyakit ini tidak menimbulkan rasa nyeri dan sakit kepala hebat, hal yang dapat dilakukan adalah, jika sedang menarik dan menghembuskan nafas hendaknya jangan di paksakan, lakukan perlahan, karena dengan memaksakan menghirup dan menghembuskan nafas maka akan terjadi penekanan yang lebih, sehingga rasa nyeri tidak dapat dihindarkan. Jika polip terjadi pada salah satu rongga hidung maka anda dapat melakukan pernafasan secara bergantian, artinya anda dapat menutup salah satu lubang, diharapkan dengan cara demikian maka pernafasan anda akan lancar, selain itu membersihkan hidung dengan rutin juga penting dilakukan agar ingus dan lendir tidak menumpuk dan menempel dalam hidung, sehingga tidak akan menyulitkan anda ketika hendak menghirup maupun menghembuskan nafas. Selain itu jika hidung anda dalam keadaan tersumbat hendaknya penderita dapat menggunakan inhealer agar dapet membantu melegakan hidung yang sedang tersumbat.

                Penyakit polip hidung, penyebab, tanda ciri gejala, pencegahan, dan cara pengobatannya –penyakit polip memiliki beberapa gejala atau cirri-ciri, beberapa ciri tersebut antara lain

  1. Lubang hidung sering mengeluarkan cairan
  2. Memiliki suara yang terdengar sengau atau bindeng
  3. Kesulitan mengeluarkan udara, baik dari salah satu lubang hidung maupun keduanya, hidung sering tersumbat karena tumbuhnya daging dalam lubang hidung.

Beberapa dampak yang ditimbulkan ketika seseorang menderita penyakit polip, antara lain

  1. Mudah merasa pusing yang hebat
  2. Sering merasa pusing
  3. Kurang merasa tenang atau sering merasa cemas dan gelisah
  4. Memiliki nafas yang berbau kurang sedap
  5. Memiliki daya tahan tubuh yang kurang bagus

Itulah beberapa informasi tentang polip, namun jangan hawatir, bagi anda yang ingin terhindar dari penyakit ini, sebaiknya lakukan pencegahan dengan cara rajin dan rutin berolah raga, hidari terlalu sering mengorek hidung, kalaupun ingin menyentuh dan membersihkan hidug pastikan jika tangan dan alat dalam kondisi bersih, dan yang terakhir kurangi mengonsumsi minuman dingin seperti es.

Related Posts