Pengertian Proses Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Istilah proses bukan merupakan istilah yang asing lagi dalam kehidupan sehari-hari. Setiap hari kita pasti melakukan sebuah proses yang bisa jadi berupa rutinitas atau bukan. Namun, pahamkah kita mengenai definisi proses? Bagaimana pula dengan pengertian proses menurut para ahli adalah? Istilah proses memiliki cakupan makna yang sangat luas karena bisa diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan dan ilmu pengetahuan. Bahkan dalam dunia teknologi dan perkembangan sosial budaya, proses juga mengambil peranan penting. Itulah sebabnya membahsa mengenai proses tidak bisa bila dikaji dalam bentuk umum karena masing-masing ilmu dan pandangan kehidupan memiliki makna proses yang berbeda-beda.

Mendefinisikan istilah proses bukanlah pekara mudah. Cakupannya yang terlalu luas membuat pengertian mengenai proses ikut beragam. Secara umum, proses diartikan sebagai sebuah urutan pelaksanaan atau peristiwa yang terjadi secara alami atau direkayasa (didesain). Dalam sebuah proses kemungkinan menggunakan waktu, ruang, keahlian, atau sumber daya lainnya yang nantinya bisa menghasilkan suatu hasi tertentu. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), proses merupakan suatu runtutan perubahan atau peristiwa dalam perkembangan sesuatu. Dalam suatu proses mungkin bisa dikenali oleh perubahan yang dibuat pada sifat-sifat dari satu atau lebih objek di bawah pengaruh proses itu sendiri. Setiap proses yang telah berjalan selalu menghasilkan sesuatu, hasil yang diciptakan tersebut bisa berupa hasil yang memang diinginkan atau hasil yang tidak diinginkan. Contoh dari hasil yang tidak diinginkan adalah limbah, polusi, sampah, dan lain sebagainya.

4

Sesuai dengan pengertian proses menurut para ahli, ada sebuah proses di salah satu bidang ilmu yang banyak dibicarakan dan dikaji oleh para pakar, yakni proses pembelajaran atau proses belajar mengajar. Proses pembelajaran merupakan salah satu cakupan definisi proses dalam bidang pendidikan. Pembelajaran sendiri merupakan suatu bentuk bantuan yang diberikan pendidik kepada siswa agar bisa mendapatkan ilmu dan pengetahuan mengenai sesuatu. Proses pembelajaran merupakan suatu proses interaksi antara siswa dengan pendidik dan sumber belajar dalam suatu lingkungan tertentu. Proses pembelajaran juga bisa diartikan sebagai suatu inti dari proses pendidikan yang secara keseluruhan guru memegang peran utama.

Sebagai suatu proses, pembelajaran merupakan suatu tahapan perubahan yang terjadi pada perilaku kognitif, afektif, dan psikomotorik seseorang, dalam hal ini adalah seorang siswa. Perubahan yang terjadi haruslah bersifat positif, yakni berorientasi ke arah yang lebih baik dari sebelumnya. Dalam proses pembelajaran ini, siswa akan mengalami tiga tahap atau fase, yakni fase informasi, fase transformasi, dan fase evaluasi. Fase transformasi adalah tahap dimana siswa mendapatkan ilmu dari pengajarnya. Fase transformasi adalah tahap siswa encerna ilmu yang telah diberikan dan ditelaah dengan kemampuan masing-masing siswa. Fase evaluasi merupakan tahap penilaian hasil dari kedua proses sebelumnya. Dengan evaluasi bisa diketahui apakah siswa tersebut bisa dinyatakan lulus proses pembelajaran dengan nilai bagus atau tidak. Pengertian proses menurut para ahli dalam bidang pendidikan adalah seperti itu. Bila kita menilik dari bidang lain jelas akan berbeda karena ilmu dan teori yang digunakan juga berbeda.

Related Posts