Penyakit Kulit Pada Bayi, Pencegahannya, Ciri – Ciri Gejalanya Dan Pengobatannya

 Kesehatan

Seorang bayi sangat rentan terhadap gangguan Karena lapisan kulit mereka yang belum sempurna. Struktur kulit bayi yang lebih tipis, ikatan antar selnya lebih lemah dan lebih halus. Kulit bayi juga memiliki pigmen yang lebih sedikit, tidak mampu mengatur temperatur seperti hal anak – anak dengan usia lebih tua atau orang dewasa. Ada banyak penyakit kulit yang bisa menyerang bayi, dan harus menjadi perhatian khusus. Penyakit kulit pada bayi, pencegahannya, ciri – ciri gejalanya dan pengobatannya. Macam – macam penyakit kulit pada bayi yaitu :

1

1 ). Biang keringat

Penyakit ini berupa bintik – bintik merah yang mengkilap dan berair. Biang keringat ini menyebabkan bayi merasakan gatal, tetapi ada juga yang tidak. Biang keringat bisa terjadi pada bagian tubuh seperti punggung, wajah, leher, dan bagian tubuh lainnya.

2 ). Dermatitis kontak

Penyakit kulit karena terpapar bahan yang dapat mengiritasi kulit atau bahan yang dapat menyebabkan alergi. Penderitanya mengalami rasa terbakar, gatal dan ruam yang besar

3 ). Sebborhea

Sabborhea adalah peradangan pada tubuh bagian atas yang dapat menimbulkan sisik pada wajah, pipi, telinga, leher, kulit kepala dan bagian – bagian lain.

4 ). Intertrigo

Intertrigo merupakan peradangan pada lipatan tubuh seperti ketiak, bagian bawah pa*yu*dara, dan paha bagian dalam. Lipatan – lipatan tersebut berwarna merah, gatal dan terasa sakit apabila terjadi gesekan.

5 ). Eksim

Merupakan peradangan yang menyebabkan pembentukan gelembung keci atau lepuh kemudian pecah dan mengeluarkan cairan. Pada kondisi yang parah akan menyebabkan kulit menjadi merah, bernanah, dan menjadi kerak.

6 ). Cacar air

Cacar air menimbulkan bintik – bintik berair dan kemerahan dengan adanya kerak coklat yang muncul di seluruh tubuh setelah sebelumnya mengalami sakit dan demam selama 2 – 3 hari.

7 ). Infeksi bakteri

Contoh gangguan kulit karena infeksi bakteri seperti koreng, cacar monyet, bisul.

8 ). Eksim popok

Penyebab eksim popok karena pemakaian popok yang salah, gesekan kulit denga popok, kulit lembab, dan kurang bersih saat buang air kecil atau besar.

Penyakit kulit pada bayi, pencegahannya, ciri – ciri gejalanya dan pengobatannya. Pencegahan dan pengobatan penyakit kulit pada bayi yaitu :

1 ). Untuk mencegah biang keringat pada bayi kenakan baju katun tipis, hindari pemakaian bedak atau krim karena membuat pori – pori tertutup,dan mandi air dingin tanpa sabun yang membuat kulit kering.

2 ). Untuk mencegah cacar air, dapat di berikan vaksinasi. Kalau pun terkena setelah vaksinasi biasanya tidak sampai parah.

3 ). Pencegahan eksim popok atau ruam popok yaitu mengganti popok setiap kali bayi buang air kecil atau besar. Bersihkan kulit bayi dengan air dan sabun lalu kemudian oleskan amolien atau salep.

4 ). Untuk pencegahan dan pengobatan infeksi bakteri, jaga gizi anak dan jaga kebersihan kulit bayi dengan mandi pakai sabun.

5 ). Untuk pengobatan dermatitis kontak dapat dilakukan dengan cara menghilangkan atau menghindari zat – zat yang menyebabkan terjadinya dermantitis kontak.

6 ). Untuk mengobati intertrigo dengan obat topical atau obat yang diminumkan.

Related Posts