Penyakit Tremor, Penyebab, Tanda Ciri Gejala, Pencegahan, dan Cara Mengobatinya

 Kesehatan

pernahkah anda merasakan tangan anda bergetar tanpa sebab yang jelas? Jika anda pernah merasakannya mari kita bahas mengenai penyakit tremor, Penyebab, Tanda ciri gejala, pencegahan, dan cara mengobatinya. Tremor adalah terjadinya gerakan yang gemetar serta tidak berirama dan tidak terkendali, hal ini terjadi karena sedang berkontaksinya otot secara berulang-ulang, dengan artian terjadinya gemetar yang tidak sesuai kehendak, misalnya sedang memegang gelas dan tiba-tiba tangan bergetar seolah-olah gelas akan jatuh, penderita tremor tidak akan dapat mencengkram dengan kuat, apa yang dia pegang sangat berkemungkinan dapat terjatuh, walau sebenarnya penderita telah mengerahkan sekuat tenaga untuk mencengkeram benda yang di pegangnya, pada dasarnya setiap orang dapat menderita tremor, akan tetapi memiliki tingkatan tertentu, ada tremor yang hanya sesekali dan tidak membahayakan namun ada pula tremor yang harus mendapatkan penanganan secara khusus.

44

                Penyakit tremor, Penyebab, Tanda ciri gejala, pencegahan, dan cara mengobatinya – Pada dasarnyapara ahli telah mengelompokkan tremor ini menjadi beberapa jenis berdasarkan pada kecepatan serta iramanya, maksudnya ialah seberapa sering tremor itu terjadi dan seberapa lama kejadiannya jenis-jenis tremor tersebut adalah

  1. Tremor yang pertama adalah tremor aksi, maksudnya adalah tremor ini terjadi pada saat otot dalam kondisi aktif.
  2. Tremor yang ke dua adalah tremor istrirahat, maksudnya adalaah tremor yang tejadi ketika otot sedang dalam masa intirahat.

Penderita tremor ini walaupun sedang dalam kondisi istirahat, misalnya sedang dalam kondisi tidur maka lengan maupun tungkai penderita dapat terus bergerak tanpa kendali.

  1. Tremor yang ketiga adalah tremor yang terjadinya karena disengaja
  2. Tremor yang keempat adalah tremor esensial

Tremor jenis ini biasanya dapat muncul dan diketahui ketika penderita telah dewasa, tremor ini dapat mengganggu misalnya kesulitan dalam menulis karena tulisan susah terbaca, kesulitan dalam memegang sesuatu maupun menggunakan barang-barang sehari-hari

  1. Tremor yang kelima adalah tremor senilis

tremor ini adalah jenis tremor esensial, akan tetapi gejala yang di timbulkan baru dapat dirasakan pada usia lanjut

  1. Tremor yang keenam adalah tremor familial

Tremor ini juga merupakan jenis tremor esensial akan tetapi di derita oleh seluruh anggota keluarga

                Penyakit tremor, Penyebab, Tanda ciri gejala, pencegahan, dan cara mengobatinya -Pada dasarnya tremor tidak hanya dapat terjadi pada tangan saja, namun kepala, lengan, mata dan beberapa otot lainnya juga dapat di serang. Gejala yang di timbulkan dari penyakit ini hanya dapat dirasakan sesekali yaitu tidak terus menerus, penderita akan sesekali merasakan tremor dan kemudian hilang dengan sendirinya. Jika tremr terjadi pada kepala, maka dengan sendirinya kepala dapat mengangguk-angguk tanpa disadari. Penderita tremor sebaiknya menghentikan mengonsumsi kafein karena kafein dapat membuat keadaan semakin menjadi buruk. Pengobatan bagi penderita tremor yang tidak mengganggu dan sangat jarang timbul maka tidak perlu di lakukan pengobatan secara khusus, namun jika tremor ini mengganggu maka dapat segera menghubungi dokter untuk dilakukan diagnosa dan pemberian obat yang tepat.

Related Posts